SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) berbincang dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kedua dari kiri) saat kegiatan Indonesia Industrial Summit di Ballroom Universitas Sebelas Maret (UNS) Tower, Solo, Selasa (29/8/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono menawari Gibran Rakabuming Raka bergabung ke partai beringin.

Jika mau bergabung, Agung menegaskan Partai Golkar akan mendukung penuh Gibran menjadi calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Seperti diketahui, Partai Golkar menjadi bagian dari Koalisi Indonesia Maju yang mengusung bakal capres Prabowo Subianto selain Partai Gerindra, PAN, Partai Demokrat, PBB, dan Partai Gelora.

Agung Laksono mengatakan cawapres untuk Prabowo Subianto kalau bukan dari Partai Golkar akan “digolkarkan” terlebih dahulu.

“Saya mendengar ada komitmen bahwa slot untuk cawapres KIM dari Partai Golkar, kalaupun bukan dari Golkar, akan ‘digolkarkan’ dulu. Bisa melalui AMPI atau ormas hasta karya lainnya,” ungkapnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Agung yang juga Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI (Wantimpres RI) membuka pintu lebar-lebar bagi Gibran untuk bergabung ke Partai Golkar.

Saat ini, Gibran masih merupakan kader PDIP. Ia berpeluang besar menjadi cawapres Prabowo Subianto, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan syarat capres/cawapres berusia 40 tahun atau pernah menjadi kepala daerah.

“Pada prinsipnya kami welcome, kami akan sambut dengan baik jika Gibran ingin gabung,” ujarnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dukungan untuk Gibran sebagai cawapres dari Prabowo juga disampaikan Kosgoro 1957, sebagai salah satu ormas Partai Golkar.

Wakil Bendahara Umum PPK Kosgoro 1957 Bimo Trihasmoro menyatakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, berpeluang jadi cawapres yang diusung Partai Golkar.

“Kalaupun nantinya bergabung, bukan tidak mungkin Golkar akan mencalonkan Gibran sebagai calon wakil presiden,” kata Bimo dalam keterangan tertulis.

Bimo menjelaskan di Partai Golkar, banyak wadah organisasi hasta karya yang bisa dijadikan saluran politik bagi para anak-anak muda, khususnya Gibran Rakabuming.

“Di Kosgoro 1957 ada BMK 57 tempat kumpulnya anak-anak Kosgoro 57, ada juga AMPG, AMPI. Tinggal Gibran mau ikut yang mana. Intinya kami semua di Golkar welcome,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya