SOLOPOS.COM - Kolase foto: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Berdasarkan survei dari tujuh lembaga mengenai bakal calon presiden (capres), sejauh ini Ganjar Pranowo bersaing ketat dengan Prabowo Subianto, juga mengungguli Anies Baswedan pada Pilpres 2024. 

Tiga kandidat yang digadang-gadang memiliki basis massa terkuat itu akan bertarung pada Februari 2024. Namun, dari segi elektabilitas, ketiganya mencatatkan angka yang cukup fluktuatif. 

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Pada tren sebelumnya, Prabowo banyak diunggulkan dengan memuncaki daftar teratas dalam hasil jajak pendapat beberapa lembaga survei. Namun, nama Ganjar belakangan merangsek naik. 

Berikut hasil survei elektabilitas Ganjar, Prabowo, dan Anies yang dirilis oleh berbagai lembaga dalam beberapa pekan terakhir. 

Litbang Kompas

Dalam survei Litbang Kompas yang dilakukan pada 27 Juli sampai dengan 7 Agustus 2023, nama Ganjar Pranowo menempati peringkat pertama elektabilitas bacapres, bersaing ketat dengan Prabowo Subianto. 

Sementara itu, sosok Anies Baswedan konsisten berada di peringkat ketiga. Survei yang dilakukan terhadap 1.384 responden acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi ini menempatkan Ganjar unggul dalam berbagai macam simulasi. 

Sebagai sampel, dalam simulasi 3 nama, elektabilitas Ganjar berada pada 34,1 persen. Ini mengungguli Prabowo di peringkat kedua yang meraup 31,3 persen, disusul Anies di peringkat ketiga dengan 19,2 persen. 

Indikator Politik Indonesia.

Dikutip dari situs resmi Indikator Politik Indonesia yang melakukan survei pada 15 hingga 21 Juli 2023, Ganjar dan Prabowo juga bersaing di posisi teratas, meski statistiknya tidak berbeda signifikan. Keduanya unggul signifikan dibanding Anies. 

Survei yang dilakukan terhadap 1.811 responden acak di 38 provinsi ini memiliki margin of error (MoE) sekitar 2,35 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Hasilnya, dalam simulasi 3 nama, Ganjar mencatatkan elektabiltas pada angka 35,2 persen, disusul Prabowo dengan 33,2 persen. Anies kembali berada di urutan ketiga dengan angka 23,9 persen. 

Lembaga Survei Indonesia 

Dari survei yang digelar Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 1 hingga 8 Juli 2023, Prabowo unggul tipis atas Ganjar, lantas disusul oleh Anies di posisi ketiga. 

Survei ini melibatkan 1242 responden yang dipilih lewat metode random digit dialing (RDD). Margin of error (MoE) kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling. 

Dari simulasi tiga nama, Prabowo berhasil meraup dukungan sebesar 35,8 persen, diikuti Ganjar Pranowo dengan 32,2 persen. Terakhir, Anies dengan total elektabilitas mencapai 21,4 persen. 

New Indonesia Research and Consulting 

New Indonesia Research and Consulting mencatatkan elektabilitas Prabowo berada di peringkat pertama, unggul atas Ganjar dan Anies. 

Survei ini dilakukan pada 5-12 Juli 2023 terhadap 1200 orang mewakili seluruh provinsi. Metode surveinya yakni multistage random sampling dengan margin of error 2,89 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Hasilnya, dari simulasi tiga nama, elektabilitas Prabowo mencapai 26,5 persen. 

Lalu, di posisi kedua ada Ganjar yang meraup 23,6 persen dukungan. Keduanya hanya terpaut 2,9 persen. Sementara itu, Anies berada di peringkat ketiga dengan persentase 13,3 persen. 

Lembaga Survei Nasional 

Lembaga Survei Nasional mencatatkan elektabilitas Prabowo mengungguli Ganjar dan Anies. Hal tersebut didapatkan dari survei pada 10-19 Juli 2023 dengan 1.420 responden, memadukan wawancara tatap muka dengan kuesioner. 

MoE-nya sebesar kurang lebih 2,6 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Dalam simulasi tiga nama, Prabowo mendapatkan elektabilitas 40,5 persen. 

Dia mengungguli Ganjar yang meraih angka 30,8 persen dan Anies sebesar 22,4 persen. Utting Research Lembaga yang berbasis di Australia, Utting Research, menempatkan Ganjar unggul dari Prabowo dan Anies. 



Survei tatap muka dilakukan pada 12-17 Juni 2023 terhadap 1.200 orang di 34 provinsi Indonesia, dengan margin of error sebesar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Hasilnya, Ganjar mendapat elektabilitas 34 persen, unggul tipis atas Prabowo dengan 33 persen. Anies sendiri memperoleh 27 persen. 

Sisanya, 3 persen responden menjawab rahasia dan atau belum memutuskan, sedangkan 3 persen lainnya tidak menjawab. 

Lingkaran Survei Indonesia 

Denny Januar Ali (LSI Denny JA) Lingkaran Survei Indonesia yang diketuai Denny JA menempatkan Prabowo unggul atas Ganjar. 

Dari rilis hasil survei yang dilakukan pada 3-15 Juli 2023, secara head-to-head, Prabowo mendapat elektabilitas 52 persen, unggul dari Ganjar yang meraih 41,6 persen. Jarak elektabilitas kedua tokoh ini mencapai dua digit, yakni 10,4 persen.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “7 Lembaga Survei Capres 2024: Ganjar Unggul Tipis atas Prabowo, Anies Konsisten”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya