SOLOPOS.COM - Ilustrasi ikan beku impor (Freepik).

Solopos.com, SOLOIkan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Hal itu berpengaruh terhadap meningkatnya permintaan makanan laut secara global.

Guna memenuhi permintaan pasar tersebut, banyak negara berupaya meningkatkan produksi ikan mereka. Hasil di bidang perikanan yang terus meningkat dapat turut berkontribusi terhadap PDB suatu negara.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Berikut adalah daftar 5 negara penghasil ikan terbesar di dunia, dilansir dari website fao.org.

1. China

China menempati urutan teratas sebagai negara penghasil ikan terbesar di dunia dengan produksi tahunan sebesar 58,8 juta metrik ton. Negara ini konsisten dan tetap pada posisinya sebagai pemimpin global dalam produksi ikan selama beberapa tahun terakhir.

Faktanya, China menyumbang sepertiga dari total produksi ikan dunia. Salah satu alasan utama dari produksi ikan yang begitu besar adalah pemerintah mendorong budi daya ikan serta budi daya akuakultur selama bertahun-tahun.

Teknik dan metode yang digunakan China untuk akuakultur sangat efisien dan telah mendapatkan reputasi di seluruh dunia.

2. India

India tercatat sebagai negara produsen ikan terbesar ke-2 di dunia di tahun 2017 meski sebenarnya akuakultur telah didirikan di negara ini pada abad ke-19. India telah mempertahankan posisi ini sampai saat ini.

Negara ini menghasilkan sekitar 9.045.892 metrik ton ikan setiap tahunnya. Industri ikan India menyumbang 6% dari total ikan yang diproduksi di dunia. India mengekspor produk ikan dalam jumlah besar ke berbagai belahan dunia.

3. Indonesia

Dengan produksi tahunan sekitar 6.101.725 metrik ton ikan. Meskipun jumlah ikan yang diproduksi negara ini telah menurun selama beberapa tahun terakhir, Indonesia telah berhasil menerapkan teknik dan metode yang lebih efisien guna meningkatkan produksinya.

Salah satu bagian penting dari negara ini adalah keberadaan terumbu karang coral triangle yang merupakan salah satu kawasan laut terbesar di dunia untuk keanekaragaman ikan. Terumbu karang ini menampung sekitar 1650 spesies hewan air.

4. Peru

Negara ini menghasilkan 5.854.233 metrik ton ikan setiap tahunnya. Negara ini merupakan penghasil ikan terbesar sejak tahun 1960 meskipun belakangan ini produksi ikan menurun akibat pemancingan liar yang bahkan menyebabkan kepunahan beberapa spesies.

Peru memiliki garis pantai sepanjang 3000 km dan 12.000 danau dan laguna yang menampung lebih dari 50 spesies ikan. Industri ikan di Peru adalah salah satu sumber pendapatan utama bagi mayoritas penduduknya.

5. Amerika Serikat

Negara ini menghasilkan 5.360.597 metrik ton ikan setiap tahunnya. Amerika Serikat memiliki salah satu zona perairan terbesar di dunia yang mencakup lebih dari 11,4 juta kilometer persegi.

Amerika Serikat selalu memperhatikan fakta bahwa kualitas produksi ikan tidak pernah menurun dalam keadaan apapun. Negara ini selalu menghasilkan ikan untuk memenuhi kebutuhan domestik dan global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya