SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh berangkulan dengan bakal calon presiden Anies Baswedan (kiri) dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar (kanan) saat Deklarasi Capres-Cawapres 2024 di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/9/2023). (Antara/Moch Asim)

Solopos.com, JAKARTA — Terpilih secara resmi menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan, Cak Imin sudah umbar janji. 

Ia yang menjadi ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), mengumbar sejumlah janji untuk bisa menang dalam Pilpres 2024. 

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Salah satu yang menjadi sorotan yakni berjanji akan menggratiskan pembelian bahan bakar minyak (BBM). PKB berjanji bahwa harga BBM akan dijadikan murah, apabila Cak Imin terpilih wapres, dirangkum Bisnis.com.

Berikut daftar janji Cak Imin bila terpilih menjadi capres: 

1. BBM Gratis 

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda mengatakan bahwa BBM gratis bisa didapatkan masyarakat Indonesia, apabila Cak Imin terpilih menjadi wakil presiden.

“Kalau Gus Muhaimin dan PKB menang, semua yang memiliki sepeda motor akan mendapatkan subsidi BBM secara gratis, tanpa biaya. Siapa disini yang memiliki sepeda motor? PKB menang, Gus Muhaimin menjadi wapres, maka BBM akan disubsidi dengan harga serendah mungkin,” ujar Syaiful saat melakukan orasi pada beberapa waktu lalu. 

2. Dana desa Rp5 Miliar 

Terbaru, Cak Imin menjanjikan anggaran dana desa dapat naik menjadi Rp5 miliar per desa tiap tahunnya, dari saat ini yang mencapai Rp2 miliar per desa. 

“Kami sudah menghitung dana desa untuk 2023 ini Rp2 miliar per desa cukup. Bisa meningkat drastis Rp5 miliar per desa. Ini target yang ingin diperjuangkan di pemerintahan baru,” katanya saat di Jombang, Jawa Timur, seperti dikutip dari Antara, Minggu (10/9/202). 

3. Tunjangan ibu hamil Rp6 juta

Selain dana desa, PKB juga menjanjikan memberikan bantuan kepada ibu-ibu hamil untuk mencegah anak-anak Indonesia terkena stunting. 

Janji tersebut yakni berupa pemberian tunjangan sebesar Rp6 juta untuk setiap ibu hamil di Indonesia. 

“Di muka bumi Indonesia ini akan diberikan tunjangan selama hamil. APBN sudah kita hitung, Gus Muhaimin sudah kita hitung, setiap yang hamil, sejak kehamilan bulan pertama sampai 9 bulan akan mendapatkan subsidi, akan mendapatkan tunjangan rata-rata Rp6 juta selama kehamilan,” ucap Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda. 

4. Sekolah gratis 

Selain BBM, PKB juga menjanjikan adanya sekolah gratis sebagai upaya mendukung program Wajib Belajar Pendidikan Dasar (Wajar Dikdas) menjadi 18 tahun. 

5. Subsidi pupuk 

Janji manis lain yang ditebar oleh Cak Imin yakni pemberian bantuan kepada para petani, dengan mengusung program subsidi pupuk.

PKB akan memberikan subsidi pupuk kepada seluruh petani di Indonesia yang memiliki lahan di bawah setengah hektar serendah-rendahnya pada 2024.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “5 Janji Manis Cak Imin saat Terpilih Wapres, Salah Satunya BBM Gratis”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya