SOLOPOS.COM - Pekerja menyelesaikan renovasi pengecatan dome atau atap Gedung Nusantara DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/11/2022). DPR menganggarkan anggaran sebesar Rp4,5 miliar untuk perbaikan gedung tersebut. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.

Solopos.com, SOLO — Terdapat beberapa caleg DPR RI yang berpotensi lolos ke Senayan dari Dapil Jateng IV, meski mereka bukan petahana atau anggota DPR RI yang mencalonkan kembali.

Berdasarkan data real count KPU di laman Pemilu2024.kpu.go.id, jumlah suara masuk sudah mencapai 72,39% untuk Pileg DPR RI Dapil Jateng IV. Dari data tersebut, PDIP masih memimpin kokoh dengan jumlah suara mencapai 39,06%.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kemudian, di wilayah Dapil Jateng IV yang terdiri dari Karanganyar, Sragen, dan Wonogiri itu, Golkar menempati posisi kedua dengan suara 13,59%, urutan ketiga ada PKS dengan 11,56%, keempat ada Demokrat 10,34%, dan di urutan kelima ada Gerindra dengan 8,18%.

Dari suara yang masuk itu, juga ada nama-nama caleg yang berpotensi lolos ke DPR RI dari Dapil Jateng IV berdasarkan jumlah suara terbanyak. Menariknya, dari 10 nama yang berpotensi lolos, ada tiga nama baru yang untuk pertama kalinya mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI. Berikut ini di antaranya.

1. Diah Pikatan Putri Haprani

Caleg DPR RI dari PDIP nomor urut 01 ini merupakan putri sulung dari Puan Maharani. Dia diketahui baru kali ini mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI.

Berdasarkan data real count KPU, Diah Pikatan berpotensi lolos ke Senayan dengan perolehan suara 59.849.

2. Juliyatmono

Caleg DPR RI Partai Golkar dari Dapil Jateng IV ini juga berpotensi lolos ke Senayan. Untuk pertama kalinya, mantan Bupati Karanganyar ini mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI. Sebelumnya, dia juga pernah menduduki posisi penting di DPRD Kabupaten Karanganyar. Pada 2004-2009, dia sempat menjadi Ketua DPRD Karanganyar.

Dari data yang ada, Juliyatmono memperoleh suara cukup banyak, yakni 70.119 dari 72,39% suara yang masuk untuk DPR RI Dapil Jateng IV.

3. Hadi Santoso

Caleg DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga berpeluang lolos ke Senayan dengan jumlah suara yang dia peroleh sebanyak 48.748.

Sebelum maju menjadi caleg DPR RI, Hadi Santoso saat ini menjabat posisi penting di DPRD Jawa Tengah, yakni Wakil Ketua Komisi D DPRD Jawa Tengah dan Anggota Fraksi PKS DPRD Jawa Tengah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya