Soloraya
Sabtu, 4 Mei 2024 - 12:06 WIB

Peringati Dies Natalis, UT Surakarta Gelar Turnamen Futsal Tingkat Pelajar

Redaksi Solopos.com  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Manager Marketing dan Registrasi Universitas Terbuka (UT) Surakarta, Ratih Paramitasari menendang bola saat acara pembukaan turnamen futsal tingkat pelajar SMA se-Soloraya di GOR Bung Karno Sukoharjo, Sabtu (4/5/2024). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJOUniversitas Terbuka (UT) Surakarta menggelar turnamen futsal tingkat pelajar SMA dan sederajat di GOR Bung Karno Sukoharjo selama dua hari mulai Sabtu-Minggu (4-5/5/2024). Kompetisi futsal itu diikuti 32 tim sekolah yang berasal dari Soloraya.

Acara seremoni pembukaan turnamen futsal tingkat pelajar SMA dan sederajat digelar pada Sabtu (4/5/2024) sekitar pukul 08.00 WIB. Acara itu dihadiri Manager Marketing dan Registrasi UT Surakarta, Ratih Paramitasari, Kepala Bidang (Kabid) Keolahragaan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Sukoharjo, Yudi Saharjo, dan peserta.

Advertisement

Acara seremoni diawali dengan parade unit kegiatan mahasiswa (UKM) di UT Surakarta. Acara dilanjutkan dengan seremoni pembukaan dengan menendang bola ke gawang yang dilakukan Ratih Paramitasari.

“Turnamen futsal tingkat pelajar se-Soloraya ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-40 UT Surakarta. Nanti, ada juga disporseni yang memperlombakan 11 cabang baik olahraga maupuan akademik. Puncaknya, pada 4 September sebagai tanggal kelahiran UT,” kata dia, Sabtu.

Menurut Ratih, empat tim peserta terbaik bakal melaju ke babak semifinal. Sementara dua tim peserta yang memenangi babak semifinal berhak melaju ke babak final. Babak semifinal dan final bakal digelar pada Minggu (5/5/2024). Selain juara I, II, dan III, panitia akan memberikan penghargaan pada pemain terbaik dan suporter terbaik.

Advertisement

UT Surakarta menjadi pionir perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH) yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh di Tanah Air. Transformasi digital di sektor pendidikan itu terus digenjot sebagai keunikan sekaligus keunggulan mahasiswa yang menimba ilmu di UT.

“Kuliah di UT Surakarta sangat fleksibel. Akivitas perkulihan dilakukan secara online. Sehingga, tak mengganggu ktivitas sehari-hari seperti bekerja,” kata dia.

Dalam waktu dekat, UT Surakarta bakal membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan dalam dua gelombang. Masyarakat yang berniat menuntut ilmu tanpa harus meninggalkan rutinitas pekerjaan sehari-hari bisa segera mendaftar secara online. “Untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru periode awal akan dimulai pada pertengahan Mei hingga awal September,” papar Ratih.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Keolahragaan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Sukoharjo, Yudi Saharjo mengapresiasi turnamen futsal tingkat pelajar SMA  se-Soloraya yang digelar UT Surakarta. Turnamen futsal itu menjadi wadah bagi generasi muda untuk menyalurkan bakat dan minatnya.

Dia berharap muncul atlet futsal muda asal Sukoharjo yang bisa berlaga di level nasional maupun internasional. “Turnamen futsal ini merupakan kali ketiga yang digelar di GOR Bung Karno Sukoharjo. Ini wadah sekaligus upaya untuk mencetak bibit atlet futsal di daerah,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif