SOLOPOS.COM - Seratusan mahasiswa Universitaa Terbuka Surakarta mengikuti seminar sebelum wisuda di Graha Saba Buana, Rabu (28/2/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Seratusan mahasiswa atau calon wisuda mengikuti seminar dalam rangka wisuda tahap I 2024 Universitas Terbuka (UT) Surakarta di Graha Saba Buana, Sumber, Banjarsari, Solo, Rabu (28/2/2024).

Acara diawali dengan sesi Temu Wicara yang memberikan kesempatan bagi calon wisudawan untuk bertanya dan memberi masukan langsung ke jajaran pimpinan UT Surakarta.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati mengatakan salah satu tujuan diadakannya seminar tersebut adalah menumbuhkan rasa percaya diri untuk calon wisudawan sebelum nantinya dikukuhkan.

Dia mengatakan lulusan UT harus lebih percaya diri lantaran memiliki pengalaman kerja yang lebih banyak ketembang universitas lain. Terlebih banyak mahasiswa UT yang kuliah sembari bekerja.

Yulia menyebut pihaknya sudah memberikan bekal yang untuk calon wisudawan selama kuliah agar setelah lulus bisa berkiprah di tengah kehidupan masyarakat.

“Kami berharap sebagai lulusan bisa  berkiprah sebagai orang dewasa dengan segala tanggung jawabnya di lingkungan yang baru, dan tentu saja terus menjadi pribadi yang bermanfaat,” kata dia dalam sambutan, Rabu.

Dia berpesan kepada calon wisudawan bawah sarjana adalah sosok yang memiliki kapasitas kognitif, afektif, dan motorik yang tinggi. Selain itu gelar sarjana juga memiliki tanggung jawab yang lebih besar di masyarakat.

“Sematkan gelar sarjana pada diri teman-teman bukan untuk gagah-gagahan, namun untuk berani mengemban tanggung jawab yang lebih besar,” kata dia.

Dia meyakini lulusan Universitas Terbuka adalah sumber daya manusia yang unggul. Yulia mengatakan secara mental para lulusan sudah terlatih mengelola masalah pribadi, pekerjaan, dan belajar. 

Namun untuk menambah materi agar lebih menumbuhkan rasa percaya diri setelah lulus, pihaknya sengaja mengundang peneliti Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Albert Muhammad Isrun Naini sebagai pemateri.

Dosen Magister Ilmu Komunikasi UNS Solo itu menyampaikan bekal atau modal awal untuk menempuh kehidupan setelah lulus. Mahasiswa bisa memilih setelah lulus bekerja sebagai karyawan atau pengusaha. Menurut Albert apapun pilihannya harus disesuaikan dengan latar belakang pendidikan dan minat masing-masing. 

Selain itu, dia menyarankan agar calon lulusan UT Surakarta mencari peluang selebar-lebarnya dan pembangunan jejaring atau koneksi. Menurutnya potensi kesuksesan seseorang bisa terbuka dengan luasnya koneksi yang dimiliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya