SOLOPOS.COM - Direktur UT Surakarta Yulia Budiwati, mengikuti aksi penanaman pohon yang dimotori UKM Mapala UT Surakarta, Arkapala. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Aksi penanaman pohon yang dimotori Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (UKM Mapala) Universitas Terbuka (UT) Surakarta, Arkapala,  menjadi penutup kegiatan kemahasiswaan UT Surakarta pada 2023 sekaligus pembuka kegiatan kemahasiswaan di tahun 2024.

Bekerja sama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDHAS) sebagai penyedia bibit pohon, Arkapala bareng warga melakukan penanaman pohon di sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Dengan mengusung tema Arkapala Peduli Hijaukan Bumi Kembali, pada 31 Desember 2023 Arkapala telah melakukan penanaman 50 pohon di Hutan Segoro Gunung wilayah Grobogan. Kegiatan itu kemudian dilanjutkan lagi dengan penanaman 100 pohon di antaranya berupa bibit pohon nangka, rambutan, sirsat, mete pada Minggu (14/1/2024) lalu di Situs Purba Watu Dakon Gondangrejo, Karanganyar.

Kegiatan penghijauan juga dihadiri oleh Direktur UT Surakarta Yulia Budiwati, anggota DPRD Karanganyar Suwarni, Kepala Dusun Watu Dakon dan ketua kelompok sadar wisata setempat.

Mengutip keterangan resmi dari UT Surakarta, Rabu (17/1/2024), kegiatan penghijauan ini merupakan salah satu impelentasi dari slogan UT Surakarta di tahun 2024, yaitu Yang Muda Menggapai Asa di Dunia Terbuka.

Berkaitan dengan slogan dan kegiatan penghijauan tersebut, Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, menyampaikan pesan agar mahasiswa UT terus belajar, termasuk belajar dari alam. “Karena sepuluh tahun yang akan datang, para mahasiswa inilah yang menjadi para calon pemimpin bangsa,” jelasnya.

Sementara Suwarni, anggota DPRD Karanganyar, berpesan agar para mahasiswa mencintai alam sebagaimana mereka mencintai dirinya sendiri dan orang-orang tercintanya.

Diberitakan sebelumnya,  Universitas Terbuka (UT) Surakarta merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Jl. Solo-Tawangmangu KM 9, Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng). UT Surakarta menerapkan sistem kuliah jarak jauh dengan basis online.

Dengan demikian, mahasiswa tak perlu datang ke kampus untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi. Meski kuliah berlangsung online, UT Surakarta tetap menjamin kualitas pendidikannya. Terbukti, lulusan UT menjadi penyumbang terbanyak CPNS 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya