SOLOPOS.COM - Pemain Timnas U-20 mengikuti sesi latihan terakhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (1/4/2023). Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong resmi membubarkan Timnas U-20 setelah skuad berjuluk Garuda Nusantara itu batal bermain pada Piala Dunia U-20 dengan status sebagai tuan rumah. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.

Solopos.com, JAKARTA — Polri membuka peluang bagi para punggawa Timnas Indonesia yang batal tampil di ajang Piala Dunia U-20 2023 untuk menjadi anggota kepolisian. 

Mengutip Tribratanews.polri.go.id, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen. Pol. Sandi Nugroho menjelaskan pihak kepolisian membuka pintu seluasnya bagi pemain U-20 yang ingin menjadi anggota polri pelalui jalur rekrutmen proaktif. 

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Rekrutmen proaktif Polri merupakan penerimaan anggota yang melalui tindakan penguatan, penghargaan serta melalui bakat, salah satunya kategori talent scouting. Kategori tersebut sebagai wadah khusus calon anggota yang memiliki bakat, minat, dan potensi yang dibutuhkan Polri dari prestasi akademik atau prestasi non-akademik.

Bagi penggawa Timnas U-20 yang ingin bergabung tentunya harus melewati ketentuan yang berlaku dalam proses seleksi keanggotaan Polri. Sebelumnya, momen ada pemain Timnas U-20 ingin menjadi anggota Polri diungkap Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mendatangi mereka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

“Tadi saya menanyakan kepada para pemain, apakah ada hal yang bisa saya dengar mengenai keinginan-keinginannya,” jelas Presiden Jokowi kepada di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (1/4/23). Jokowi mengungkapkan bahwa beberapa pemain menyampaikan ingin kuliah, kemudian ingin ada yang menjadi anggota Polri dan TNI. Sementara beberapa pemain lainnya ingin menjadi ASN.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun meminta kepada para pemain muda Timnas U20 Indonesia agar tidak patah semangat, karena kesempatan bagi mereka untuk meniti masa depan masih panjang. Presiden juga mengungkapkan bahwa Pada bidang olahraga masih terdapat berbagai kejuaraan seperti SEA Games, Asian Games, Piala AFF, atau Olimpiade.

“Agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan,tadi saya sampaikan bahwa ke depan kita ingin memiliki tim yang dibangun sejak awal secara terus menerus, berkepanjangan, sehingga kita bisa mendapatkan sebuah tim nasional yang betul-betul siap,” ungkap Presiden.

Sementara, pesepak bola Indonesia yang berprofesi sebagai anggota polisi aktif dan kini tengah bermain di klub peserta Liga 1 musim 2022/2023, di antaranya I Putu Gede Juni Antara yang populer saat membela Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2013. Ia jadi polisi sejak 2017.

Berikutnya, Sani Rizki Fauzi yang bergabung dengan Bhayangkara FC pada 2018. Ia bermain untuk Timnas Indonesia pada Piala AFF U-22 2019. Ada pula Indra Kahfi Ardhiyasa yang jadi polisi sejak 2015, serta Hargianto seangkatan dengan I Putu Gede Juni Antara, yang pernah membela Timnas pada Piala AFF U-19 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya