SOLOPOS.COM - Jokowi

Solopos.com, SOLO – Pergerakan Jokowi nampaknya bukan hanya menyedot perhatian media nasional. Gaya kepemimpinannya yang terbilang unik terbukti mampu membuat namanya semakin dikenal dunia internasional.

Rabu (25/9/2013) pekan lalu sebuah artikel yang diterbitkan surat kabar ternama Amerika, The New York Times mengulas tentang gaya kepemimpinan Gubernur Jakarta ini. Dalam artikel berjudul “In Indonesia, a Governor at Home on the Streets” itu The New York Times merinci bagaimana Jokowi turun ke jalan, cara Jokowi mendeskripsikan pandangannya tentang model kepemimpinan serta bagaimana analis politik dan kebijakan menilai gayanya.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Koran harian yang didistribusikan secara internasional ini menggambarkan bagaimana aksi blusukan jokowi ke pasar dan daerah kumuh selalu menjadi pusat perhatian. Bagaimana masyarakat menyapanya layaknya seorang sahabat. Dunia internasional menyebut gaya ini tidak lazim. Mereka terkejut dengan caranya dalam bekerja. Terutama bagaimana caranya dengan mudah untuk turun daerah kumuh.

“Orang bilang ini adalah demokrasi jalanan karena saya yang menemui mereka,” ujar Jokowi saat diwawancarai. “Saya menjelaskan program saya. Mereka juga bisa memberikan saya ide tentang program” imbuhnya.

Dikutip dari The New York Times, Jokowi rajin menyisir kantor kepala daerah, kantor pajak dan dinas terkait untuk melakukan control agar pemerintahan berjalan efektif.

Jokowi disebut-sebut telah membuat penguasa tingkat nasional gerah. Berbagai jajak pendapat menempatkannya di jajaran paling atas.

Praktisi media, Bhimanto Suwastoyo yang diwawancarai menyebut gaya Jokowi ini unik. “Jokowi berkomunikasi dengan rakyat, tidak berkonsultasi dengan petinggi partai atau tingkat pemerintah lain.”

Koran yang kali pertama terbit pada 1851 ini juga menceritakan kisah Jokowi saat memoles kota Solo. Menempatkan pedagang kaki lima sebagai mitra dan membuat basis daerah khusus untuk pedagang lima. Tidak ketinggalan tentunya bagaimana kiprahnya di Ibu Kota yang selalu menjadi sorotan media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya