SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KARACHI- Para nelayan Pakistan dikejutkan dengan penemuan seekor ikan raksasa seberat tujuh ton! Ikan superjumbo itu kemudian terjual dengan harga sekitar 1,7 juta rupee (sekitar Rp309 juta).

Ikan hiu paus sepanjang 10 meter itu ditemukan di perairan Karachi, Pakistan. Butuh dua alat berat untuk mengangkat ikan raksasa tersebut dari air ke dermaga. Pengangkatan ikan tersebut berlangsung lebih dari empat jam!

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Menurut para nelayan setempat, seperti diberitakan ABC dan dilansir harian Sydney Morning Herald, Rabu (8/2/2012), saat ditemukan, spesies langka tersebut telah mati.

Seorang pria yang mengklaim menemukan ikan tersebut, mengatakan pada media setempat, The Express Tribune bahwa ikan itu telah mati saat ditemukan di perairan Gadani, Karachi.

Setelah terjual seharga 1,7 juta rupee, ikan tersebut akan dipamerkan untuk publik selama tiga hari oleh si pembeli. Selama tiga hari itu, si pembeli ikan akan memungut bayaran untuk setiap pengunjung yang tertarik melihat ikan langka tersebut.

Ahli biologi kelautan Pakistan di WWF, Moazam Khan mengatakan, sekitar 30 ikan hiu paus telah ditemukan mati di perairan Pakistan dalam tujuh tahun terakhir. “Tak ada yang membunuh mereka dengan sengaja,” ujar Khan.

Ditegaskan Khan, ikan hiu paus merupakan spesies yang terancam punah. Oleh karenanya, hewan tersebut tak boleh dibunuh dalam kondisi apapun.

Ikan hiu paus rata-rata bisa mencapai bobot 20 ton. Ikan hiu paus terbesar yang pernah diukur panjangnya mencapai 12 meter. Namun diyakini ikan-ikan tersebut masih bisa tumbuh jauh lebih panjang dari itu. detikcom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya