SOLOPOS.COM - Tiga anak Megawati Soekarnoputri masing-masing M. Rizki Pratama (kanan), M. Prananda Prabowo (kiri), dan Puan Maharani. saat perayaan ulang tahun ke-76 Ketua Umum DPP PDIP tersebut di kediaman Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/1/2023). (ANTARA/HO-PDIP)

Solopos.com, JAKARTA — Anak sulung Puan Maharani yang juga cucu Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari alias Pinka Hapsari maju sebagai bakal calon presiden (caleg) DPR dari PDIP untuk Pemilu 2024. 

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan, partainya memang membudayakan agar proses rekrutmen awal dimulai dari keluarga kadernya.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

“Proses rekrutmen itu memang dari keluarga. Itu suatu kultur yang terbangun,” ujar Hasto di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023). 

ahkan, dia mengklaim di negara lain yang menjadi partai politik dasar demokrasinya, keluarga memang jadi tempat awal rekrutmen kader.

“Di Amerika Serikat, di Singapura, Eropa, itu partai politik yang menjadi pilar demokrasi itu melakukan rekrutmen dari keluarga,” jelasnya.

Hasto mengatakan PDIP memang ingin merekrut kalangan muda. Oleh sebab itu, dalam kasus ini, Pinka direktur untuk jadi bakal caleg DPR RI dari PDIP pada Pemilu 2024. 

“Di sini, di dalamnya, ada Mbak Pinka yang memang telah mengikuti kaderisasi, tinggal di Sekolah Partai selama tiga hari,” ungkapnya.

Puan sendiri juga maju sebagai bakal caleg DPR dari PDIP. Meski begitu, PDIP belum mau mengungkapkan di daerah pemilihan (dapil) mana Puan dan Pinka akan ditempatkan. 

Sebelumnya, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat memperkenalkan Pinka ke kadernya saat pidato dalam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 PDIP, Selasa (10/1/2023).

“Itu ada dua cucu saya, ayo berdiri coba. Ayo jangan malu. Nih tuh ini putra-putrinya Mbak Puan,” ucap Mega di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Mega mengatakan, Pinka memang ingin mengikuti perayaan puncak HUT PDIP itu karena ingin tahu soal politik. 

Bahkan, mereka sudah meminta izin kepada Megawati untuk masuk ke dunia politik Indonesia. “‘Momo [panggilan mereka ke Mega] kalau saya mau masuk politik boleh enggak?’ Sip. Nah gitu dong,” ucap Mega.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Pinka Hapsari Anak Puan Maharani Maju Jadi Caleg DPR dari PDIP”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya