SOLOPOS.COM - Tangkapan layar - Mendagri Tito Karnavian (tiga kiri) dan Menpan RB Abdullah Azwar Anas (tengah) bersama para peraih penghargaan daerah terinovatif IGA 2022 di Jakarta, Jumat (23/12/2022). (ANTARA/Boyke Ledy Watra)

Solopos.com, JAKARTA – Kabupaten Wonogiri, dan Sragen, Jawa Tengah bersama beberapa daerah lainnya yakni Kabupaten Banyuwangi (Jawa Timur), Kabupaten Bogor (Jawa Barat), Kota Mojokerto (Jawa Timur), Kota Pekanbaru (Riau), dan Kota Surabaya (Jawa Timur), dinobatkan sebagai kabupaten dan kota terinovatif.

Penghargaan diberikan Kementerian Dalam Negeri setelah melakukan berbagai penilaian bertajuk Innovative Government Award 2022.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengatakan penghargaan tersebut bisa dipakai sebagai barometer bagi masyarakat untuk menilai bagaimana kinerja pemimpinnya.

“Selamat kepada rekan-rekan yang mendapatkan award. Berkat kerja keras yang luar biasa, kami perlu hargai; dan kemudian bagi yang belum beruntung mendapatkan penghargaan, kami harapkan acara ini juga dapat memotivasi. Masyarakat bisa melihat siapa pemimpin yang baik, yang bagus, dan siap memimpin; yang hanya bekerja rutin rutin saja,” kata  di Jakarta, Jumat (23/12/2022), seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Penuhi Hak Disabilitas di Wonogiri, Kolaborasi Pemkab & Masyarakat Jadi Kunci

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas mengatakan berbagai inovasi daerah tersebut tentunya dapat diaplikasikan pada daerah lain, sehingga semua daerah di Indonesia menjadi lebih maju.

“Saya kira ke depan akan jauh lebih efisien, juga inovasi yang nanti yang bagus akan kami replikasi. Jadi, Pak Mendagri, nanti inovasi yang hebat-hebat saya minta, kami replikasi. Sehingga teman-teman daerah tidak harus studi banding terus, nanti membanding-bandingkan terus tapi tidak jadi-jadi,” ujar Azwar Anas yang juga mantan Bupati Banyuwangi, Jawa Timur itu.

Baca Juga: Pemkab Sragen Uji Coba E-Parkir, Sementara Baru Ada di Toserba Ini

Sementara itu, kategori penghargaan lainnya adalah daerah perbatasan terinovatif yang dianugerahkan kepada Kabupaten Bintan, Kabupaten Sanggau, dan Kabupaten Sambas.

Berikutnya, kategori daerah tertinggal terinovatif diraih Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Lombok Utara, dan Kabupaten Sorong.

Kemendagri juga memberikan penghargaan bagi provinsi terinovatif yakni untuk Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat, dan Bali.

Baca Juga: Selamat! Wonogiri & Sragen Dapat Penghargaan Daerah Terinovatif dari Kemendagri

Kategori selanjutnya ialah kabupaten terinovatif yang diraih Tabalong, Sragen, Temanggung, Situbondo, Pariaman, Indragiri Hilir, Hulu Sungai Selatan, Pamekasan, dan Tanggamus.

Terakhir yaitu kategori penghargaan kota terinovatif yang diberikan kepada Bekasi, Cimahi, Mataram, Semarang, Padang Panjang, Jambi, Bengkulu, Serang, dan Sukabumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya