SOLOPOS.COM - Wisuda ke-28 Tahun Akademik 2022/2023 Universitas Duta Bangsa Solo di The Sunan Hotel Solo, Rabu (4/10/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution)

Solopos.com, SOLO — Universitas Duta Bangsa Solo melantik 551 mahasiswa lulusannya dalam wisuda ke-28 Tahun Akademik 2022/2023 di The Sunan Hotel Solo, Rabu (4/10/2023).

Para wisudawan tersebut terdiri atas 332 lulusan program sarjana dan 56 lulusan program ahli madya Fakultas Ilmu Komputer, 134 lulusan Fakultas Hukum dan Bisnis, di antaranya program S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Bahasa Inggris dan S1 Hukum.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Lulusan lainnya adalah 29 wisudawan Fakultas Sains dan Teknologi, terdiri atas 20 orang program S1 Teknik Industri dan 9 program S1 Agribisnis.

Rektor Universitas Duta Bangsa Solo, Singgih Purnomo, mengatakan lulusan tersebut merupakan salah satu pewujudan tanggung jawab Universitas Duta Bangsa kepada bangsa dan negara, sekaligus juga wujud karya utama mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Semoga pada tahun mendatang jumlah lulusan akan terus meningkat, sehingga semakin banyak lulusan UDB yang memberikan kontribusi kepada kemajuan bangsa. Para wisudawan di sini telah bekerja keras untuk hadir pada kuliah, mengerjakan tugas, proyek, ujian, magang, bimbingan bahkan bersusah payah mengikuti Kuliah Kerja Nyata di desa,” ujar Singgih dalam pidatonya, Rabu (4/10/2023).

Dalam wisuda ke-28 kali ini Universitas Duta Bangsa telah melakukan penggalangan dana untuk korban musibah kebakaran di Pasar Kliwon Solo. Total sumbangan dari wali/orang tua wisudawan mencapai Rp9.391.000, sedangkan dana dari institusi Universitas Duta Bangsa mencapai Rp20.000.000.

Singgih melanjutkan Universitas Duta Bangsa Solo terus meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan lewat berbagai macam program pengembangan dan penjaminan mutu internal maupun eksternal. Akreditasi digunakan untuk menjamin mutu eksternal kampus bersamaan dengan peningkatan jenjang pendidikan.

Fakultas Ilmu Komputer pada Program Studi D3 Manajemen Informatika sudah mendapatkan jenjang S1 Terapan, sementara tiga Program Studi lainnya sudah berakreditasi B, antara lain D3 Teknik Komputer, S1 Sistem Informasi, dan S1 Teknik Informatika.

Pada Fakultas Hukum dan Bisnis keempat Program Studi yaitu S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Bahasa Inggris dan S1 Hukum telah terakreditasi Baik, dan pada Fakultas Sains dan Teknologi kedua Program Studi yaitu S1 Teknik Industri dan S1 Agribisnis telah terakreditasi Baik. Pada tahun mendatang seluruh program studi akan ditingkatkan akreditasinya minimal Baik Sekali.

Dalam menerapkan kurikulum Merdeka Universitas Duta Bangsa telah melaksanakan berbagai kegiatan antara lain: Pertukaran Mahasiswa, KKN Tematik di Desa Binaan, Magang Industri, Magang Wirausaha, dan Magang Penelitian.

Sebagai wujud globalisasi UDB juga menerima mahasiswa asing, pertukaran mahasiswa ke luar negeri, mendatangkan dosen tamu (guest lecture) dari luar negeri.

Singgih menambahkan Universitas Duta Bangsa juga melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dengan capaian dalam kinerja penelitian, yaitu dengan total penelitian internal/mandiri sebanyak 30 penelitian internal dan 7 penelitian eksternal.

Capaian kinerja pengabdian kepada masyarakat yaitu 33 pengabdian internal/mandiri dan 6 pengabdian eksternal. Sedangkan dalam publikasi ilmiah dosen telah mempublikasikan sebanyak 109 di jurnal nasional, 62 publikasi dijurnal nasional teraktreditasi nasional, 82 publikasi internasional dan 7 publikasi internasional terindeks Scopus. Dalam perolehan Hak Cipta Universitas Duta Bangsa Surakarta telah memperoleh HAKI sebanyak 68 Hak Cipta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya