SOLOPOS.COM - Seorang relawan tengah memberikan pertolongan pertama kepada pengunjung Pantai Parangtritis yang menangis mengerang kesakitan setelah terkena sengatan hewan laut ubur-ubur pada puncak liburan lebaran, Minggu (3/8/2014). (Endro Guntoro/JIBI/Harian Jogja)

Wisata lebaran 2015 hingga siang ini, ada sepuluh wisatawan terserang inpes

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul mengakui sudah ada peningkatan pengunjung yang datang ke kawasan pantai. Pihaknya pun terus waspada adanya potensi laka laut dan sengatan inpes di sepanjang pantai di wilayah II.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

“Untuk saat ini laka laut masih nihil. Sedangkan hingga siang ini (pukul 12.00 WIB) di 18 titik pantai sudah ada 9 orang yang tersengat inpes,” kata Surisdiyanto kepada Harianjogja.com, Sabtu (18/7/2015).

Dia menjelaskan, korban dari sengatan inpes langsung ditolong petugas dengan mengolesi dibagian yang tersengat dengan alkohol. Efek dari sengatan ini selain menimbulkan gatal-gatal, juga bisa membuat korban sesak nafas.

“Sampai saat ini masih aman terkendali, karena bisa ditangani di masing-masing pos,” kata Suris lagi.

Dia menjelaskan, korban terbanyak terjadi di Pantai Kukup dengan jumlah korban empat orang. Kemudian disusul Sepanjang ada tiga orang dan Poktunggal.

“Ini masih data sementara, kemungkinan masih bisa bertambah. Untuk itu kami berharap wisatawan terus berhati-hati,” imbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya