SOLOPOS.COM - Foro ilustrasi minyak goreng curah. (Antaranews.com)

Solopos.com, JAKARTA — Tiga grup korporasi kelapa sawit menggugat Menteri Perdagangan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. 

Gugatan tersebut terdaftar dalam tiga gugatan berbeda oleh masing-masing oleh perusahaan di bawah Grup Permata Hijau, Musim Mas, dan Wilmar belum. 

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Adapun perkara dimaksud terkait dengan tindakan administrasi pemerintah/tindakan faktual yang tidak diperinci lebih lanjut.  

“Klasifikasi Perkara : Tindakan Administrasi Pemerintah/Tindakan Faktual,” demikian dikutip dari ketiga perkara gugatan, Kamis (21/9/2023).  

Berdasarkan penelusuran Bisnis di Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PTUN Jakarta, tiga gugatan itu didaftarkan pekan ini secara berturut-turut. 

Grup Wilmar mendaftarkan gugatannya dengan nomor perkara 471/G/TF/2023/PTUN.JKT, Senin (18/9/2023).  

Adapun perusahaan yang terdaftar sebagai penggugat yakni PT Wilmar Nabati Indonesia, PT Multimas Nabati Asahan, PT Sinar Alam Permai, PT Multi Nabati Sulawesi, dan PT Wilmar Bioenergi Indonesia.  Kemudian, Grup Musim Mas mendaftarkan gugatannya ke PTUN dengan no.472/G/TF/2023/PTUN.JKT, Selasa (19/9/2023). 

Pihak perusahaan penggugat yang terdaftar yakni PT Musim Mas, PT Agro Makmur Raya, PT Intibenua Perkasatama, PT Musim Mas Fuji, PT Mikie Oleo Nabati Industri, PT Wira Inno Mas, dan PT Megasurya Mas. 

Sementara itu, Grup Permata Hijau melalui perkara no.473/G/TF/2023/PTUN.JKT pada Rabu (20/9/2023), menggugat Mendag dengan daftar penggugat PT Permata Hijau Palm Oleo, PT Nubika Jaya, PT Pelita Agung Agrindustri, dan PT Permata Hijau Sawit.  

Saat ini, perkara gugatan administrasi negara yang didaftarkan Wilmar dan Musim Mas sudah berstatus pemeriksaan persiapan, sedangkan perkara dari Permata Hijau yakni penunjukan juru sita. 

Sekadar informasi, ketiga grup korporasi sawit tersebut ditetapkan oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai tersangka korporasi dalam korupsi izin ekspor crude palm oil (CPO).

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Wilmar, Musim Mas, dan Permata Hijau Gugat Mendag ke PTUN!”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya