SOLOPOS.COM - Pusat karantina di Guangzhou, China, bisa menampung 5.000 pengguna penerbangan internasional. (Antara/HO-GICexpat)

Solopos.com, BEIJING — China sudah siap menampung orang-orang yang baru datang dari luar negeri dengan tersedianya pusat karantina Covid-19 yang mampu memuat ribuan orang.

Pusat karantina yang dibangun Pemerintah China itu berlokasi di Kota Guangzhou dengan menghabiskan biaya senilai 360 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp5,1 triliun. Bangunan itu terdiri dari 5.000 unit kamar.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Laman berita lokal China, Selasa (5/10/2021), melaporkan pusat karantina untuk menampung ribuan orang yang baru datang dari luar negeri tersebut dibangun hanya dalam tiga bulan.

Baca juga: Geger Skandal Pajak Pandora Papers, Ada Nama Raja Yordania hingga Luhut

Fasilitas Kesehatan Internasional Guangzhou itu dibangun di wilayah China selatan karena ibu kota Provinsi Guangdong itu sampai sekarang masih menjadi pusat penampungan utama pengguna jasa penerbangan internasional.

Para tamu bisa menjalani karantina selama 14 hari di fasilitas tersebut secara mandiri. Menurut laporan media GICexpat, berbagai kebutuhan di fasilitas karantina itu, terutama makanan dan minuman sehari-hari, akan dilayani oleh robot.

Fasilitas karantina milik Pemerintah China tersebut dibangun di lahan seluas 250.000 meter persegi, dan setiap kamar terpisah satu dengan yang lain.

Baca juga: Pembuat Kartun Nabi Muhammad Tewas Kecelakaan

Untuk memastikan tidak ada penularan Covid-19, fasilitas itu dibangun dengan menerapkan prosedur karantina yang lebih ketat daripada ruang isolasi di rumah sakit dan hotel yang sudah ada di China selama pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, China pada tahun 2022 akan menggelar hajatan besar, yakni Olimpiade Musim Dingin (Winter Olympic) di Beijing dan Asian Games di Hangzhou, Provinsi Zhejiang.

Dengan adanya fasilitas pusat karantinan tersebut, China sudah siap menampung orang-orang yang baru datang dari luar negeri termasuk para atlet.

Baca juga: Bikin Geger, Ini Kemiripan Pandora Papers dan Panama Papers

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya