SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SEATTLE–Washington akan menjadi negara bagian pertama di Amerika Serikat (AS) yang memungkinkan penduduknya untuk mendaftarkan diri sebagai memilih melalui Facebook.

Juru bicara sekretaris kantor negara, Brian Zylstra, Rabu (17/7/2012) waktu setempat, mengatakan, pendaftaran pemilih secara online sebenarnya telah berlaku di Washington sejak 2008. Inisiatif pendaftaran melalui Facebook yang akan diluncurkan bulan ini adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih, terutama para calon pemilik yang sudah memiliki akun Facebook.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Para calon pemilih bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi perangkat lunak tatap muka yang dikembangkan bersama-sama oleh Facebook dan Microsoft Corp. Pendaftaran online melalui Facebook ini dilakukan tanpa dipungut biaya, dan para calon pemilih bisa melakukannya dengan mengakses akun resmi Facebook milik sekretariat negara bagian.

Untuk melengkapi proses pendaftaran, pemohon harus memberikan nama, tanggal kelahiran, dan nomor identifikasi negara atau nomor SIM, terang Shane Hamlin, wakil direktur pemilu negara bagian. Untuk nama dan tanggal lahir, para calon pemilih hanya perlu mengulang data yang telah dikumpulkan Facebook dari profil akun mereka.

Khusus untuk data tambahan, menurut Hamlin tak akan diunggah di jaringan media sosial tersebut dan hanya menjadi milik komisi pemilu.

“Begitu Anda memulai proses, Anda tidak lagi memasukkan data ke Facebook,” ujar Hamlin, menegaskan jaminan kerahasiaan data penting calon pemilih. Namun program ini mempunyai aplikasi “like” yang memungkinkan pengguna atau calon pemilih merekomendasikannya kepada teman-teman mereka di Facebook.

Terpisah, kelompok non-partisan Rock for the Vote yang fokus pada peningkatan keterlibatan politik bagi para orang muda, telah meluncurkan perangkat online sendiri pada 9 Juli, yang terhubung dengan proses pendaftaran via internet di Washington.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya