SOLOPOS.COM - (JIBI/SOLOPOS/Antara)

(JIBI/SOLOPOS/Antara)

BATAM– Banyak warga perbatasan wilayah Republik Indonesia (RI) dengan Singapura di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, lupa memasang bendera merah putih di rumahnya sebagai lambang perayaan hari ulang tahun ke-67 kemerdekaan RI.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Dari satu blok berisi sekitar 40 rumah di Perumahan Taman Sari hanya tampak dua bendera yang berkibar pada Kamis. Begitu pula di Perumahan Anggrek Mas, dari sekitar 20 rumah hanya nampak tiga bendera yang terpasang.

“Lupa,” kata seorang warga Batam Kota, Arifin.

Ia mengatakan, kesibukan sehari-hari membuat warga lupa memasang bendera merah putih menandai perayaan kemerdekaan RI yang tahun ini bertepatan dengan bulan puasa Ramadan.

Hal senada dikatakan Nuraida, yang juga terlupa dengan anjuran pamong prajanya, agar memasang bendera beberapa hari menjelang perayaan kemerdekaan RI pada 17 Agustus.

“Sudah mau tanggal 17 ya? Saya lupa,” katanya, Kamis (16/8/2012).

Berbeda lagi dengan Fendi, yang mengatakan bahwa tidak lupa dengan perayaan HUT RI, namun kesulitan mendapatkan bendera merah putih.

“Bendera yang saya punya sudah jelek, sedangkan tukang yang biasa lewat depan rumah tidak nampak,” katanya.

Wakil Wali Kota Batam, Rudi, megatakan akan meminta pihak hubungan masyarakat pemerintah kota (Humas Pemkot) Batam berkeliling kota menggunakan mobil sambil mengumumkan anjuran mengibarkan bendera merah putih. Ia mengatakan, masyarakat mungkin lupa hingga perlu diingatkan kembali.

Adapun Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, menyatakan bahwa HUT RI di Batam dirayakan seperti biasa, meskipun jatuh pada Ramadan.
Ia mengatakan, HUT RI dirayakan dengan semangat yang sama, dan tidak boleh menjadikan Ramadan sebagai alasan untuk tidak merayakan hari kemerdekaan negeri ini.

“Dulu, waktu merdeka, juga jatuh di bulan puasa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya