SOLOPOS.COM - Bambang Widjojanto (JIBI/Solopos/Antara/M Agung Rajasa)

Wakil Ketua KPK ditangkap polisi, Jumat (23/1/2015) pagi. Bupati Kotawaringin Barat Ujang Iskandar menyatakan Bambang Widjojanto (BW) tak pernah terlibat soal saksi.

Solopos.com, BOGOR – Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) ditangkap oleh Bareskrim Mabes Polri sehubungan ada laporan warga terkait kasus Pilkada tahun 2010 Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah pada 15 Januari 2015.

Promosi BRI Taipei Berikan Layanan Penyetoran PNBP Langsung ke Kas Negara

BW diduga menyuruh para saksi memberikan keterangan palsu di pengadilan Mahkamah Konstitusi (MK). Bupati Kotawaringin Barat, Ujang Iskandar, kaget mendengar informasi tersebut.

Ia mengaku belum tahu soal penangkapan BW. Saat ramai berita penangkapan BW oleh Bareskrim, Ujang sedang mengikuti rakor Bupati dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jumat (23/1/2015).

“Wah saya malah belum tahu. Saya baru dengar,” katanya kepada wartawan saat berjalan menuju masjid kompleks Istana Bogor untuk menunaikan Salat Jumat.

Namun ia mengamini saat itu BW memang sebagai pengacara mendampingi proses pengadilan sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi. Saat menjalankan tugas kuasa hukum, ia juga tidak ada masalah.

“Memang beliau mendampingi, tapi kita kan berjalan sesuai apa adanya. Tidak ada masalah,” jelas dia.

Saat itu, Ujang membawa 68 saksi ke pengadilan. Ia tidak yakin penangkapan tersebut berhubungan dengan saksi. “Gak, beliau tidak pernah terlibat soal saksi,” ujar dia.

Pemilihan saksi, lanjut Ujang, dilakukan sesuai prosedur serta diambil sumpah. Ujang pun juga tidak percaya kalau ada keterangan saksi palsu karena dalam pengucapan sumpah tidak boleh berbohong.

“Yang namanya saksi-saksi itu kan dipilih, mana yang sesuai atau tidak. Kalau disuruh berbohong enggak lah,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya