SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kedua dari kiri), unsur pimpinan DPR yang terdiri atas Setya Novanto (kiri), dan Fadli Zon (ketiga dari kiri), didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja dan pejabat DPR berjalan keluar ruangan seusai mengikuti rapat konsultasi antara pemerintah dan DPR di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/4/2015). Presiden Joko Widodo dalam kesempatan itu akhirnya memberikan penjelasan terkait pembatalan pelantikan Komisaris Jenderal Budi Gunawan dan pengajuan Komjen Badrodin Haiti sebagai calon Kepala Kepolisian Negara Repiblik Indonesia yang baru. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Wakapolri baru telah terpilih. Meskipun belum diumumkan namanya, hasil sidang Wanjakti telah dikirim ke Presiden.

Solopos.com, JAKARTA — Surat hasil sidang Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) yang menentukan nama tunggal calon Wakapolri telah diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“[Surat] tanya ke Pak Kapolri, diajukan hari ini,” kata Kabareskim Budi Waseso di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Menurut dia, Presiden Jokowi kemungkinan hanya menanyakan ihwal alasan pemilihan nama itu untuk tak mencampuri terlalu jauh. Sebab, kata Kabareskrim, soal Wakapolri merupakan urusan internal Polri. “Presiden paling menanyakan saja. Semua pasti diserahkan ke internal. Kan begitu pergeseran, ada yang kosong, diisi,” katanya.

Budi Waseso menegaskan sidang Wanjakti menetapkan nama tunggal calon Wakapolri. Namun saat disinggung siapa nama tersebut, Kabareskrim enggan menyebut nama yang dimaksud. “Hasil Wanjakti hanya nama tunggal. Yang umumkan Kapolri,” katanya.

Diakui Kabareskrim, dalam rapat wanjakti Jumat pekan lalu berjalan lancar, Buwas sapaan populer Budi Waseso mengatakan para anggota Wanjakti sepakat dengan nama tunggal tersebut. “Gak alot-alot…, aklamasi begitu pak Kapolri tentukan gak ada sampaikan alasan lain,” katanya.

Sementara itu Indonesia Police Watch (IPW) mengklaim Komjen Pol. Budi Gunawan telah terpilih sebagai Wakapolri setelah melalui rapat Wanjakti. Sedangkan posisi Kalemdikpol akan diisi oleh Irjen Pol. Syafruddin yang kini menjabat Kadiv Propam Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya