SOLOPOS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin (The Guardian)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Rusia Vladimir Putin berada di balik gagasan peluncuran visa elektronik (e-visa) di Rusia mulai 1 Agustus 2023. 

Dilansir dari Tass via Bisnis.com, Kamis (20/7/2023), pada pertemuan antara Presiden dan pemerintah Rusia, Wakil Perdana Menteri Tatyana Golikova meminta kepala negara untuk mendukung proposal peluncuran visa elektronik di negara itu.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Pada 2020, Rusia mengadopsi undang-undang yang mengatur penerbitan visa elektronik untuk warga negara dari 52 negara mulai 2021. Namun, undang-undang tersebut tidak berlaku karena pandemi Covid-19.

Pada musim gugur 2022, Presiden Rusia Vladimir Putin menginstruksikan pemerintah, bersama dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, dan Dinas Keamanan Federal, untuk memikirkan pembaruan program e-visa bagi penduduk negara yang tidak termasuk dalam daftar musuh. 

Dilansir dari laman www.e-visa-russia.com, berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu diketahui oleh calon pelancong ke Rusia yang menggunakan e-visa.

E-visa, menurut otoritas Rusia, merupakan upaya untuk menyederhanakan aplikasi visa. E-visa adalah visa elektronik dan biometrik yang memberikan hak yang sama dengan visa reguler.

Kemudian, calon pelamar bisa mendapatkan visa elektronik secara daring dan tidak perlu melalui kedutaan atau asosiasi lainnya.

“E-visa turis yang disediakan saat ini hanya untuk sekali masuk dengan durasi maksimum 8 Hari hanya di Federasi Rusia,” tulis otoritas dalam laman tersebut. 

Semua orang asing yang ingin bepergian ke Rusia harus mendaftar secara online. Pelancong juga harus mendaftar setidaknya 72 jam sebelum perjalanan mereka ke Rusia.

Kemudian, mereka yang bergelar diplomat serta perwakilan organisasi internasional dibebaskan dari persyaratan visa.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “E-Visa Rusia Mulai Berlaku 1 Agustus 2023, Putin Beri Dukungan Penuh”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya