SOLOPOS.COM - Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar English and Music Competition Day (EMCD).

Solopos.com, SALATIGA – Untuk ketiga kalinya Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar English and Music Competition Day (EMCD). Ajang kompetisi tahunan yang mewadahi bakat dan potensi di bidang bahasa Inggris dan musik diselenggarakan secara hybrid, belum lama ini.

EMCD tahun 2023 diikuti 107 peserta siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Indonesia. Para peserta berasal dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Kalimantan.

Sekolah asal peserta yang berpartisipasi pada kompetisi ini antara lain SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo, SMA Kristen Satya Wacana, SMA Nasional Karangturi, SMA Negeri 1 Ungaran, SMA Kristen YSKI Semarang, SMA Negeri 1 Salatiga, SMA Kristen Tritunggal Semarang, SMA Taruna Nusantara, Destiny Institute, SMA Virgo Fidelis Bawen, SMA Negeri 3 Salatiga, dan SMAK St. Louis 1 Surabaya.

Ada tujuh cabang lomba digelar dalam kompetisi EMCD 2023, yaitu speech yang diikuti oleh 17 peserta, ada newscasting yang diikuti 10 peserta, spelling bee dengan 9 peserta, kemudian ada storytelling dengan 16 peserta, short story writing yang diikuti 25 peserta, band yang diikuti 9 grup peserta dan vocal group dengan 5 grup peserta.

Koordinator Bidang Kemahasiswaan, Kealumnian, dan Kerjasama FBS UKSW, Poedji Soesila, S.Sn., M.A., membuka secara resmi dan memberikan sambutan pada kegiatan yang berlangsung di ruang Aula Tan Ik Hay kampus FBS. Dosen Program Studi (prodi) Seni Musik tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam rangkaian acara ini. Kegiatan puncak EMCD ini diselenggarakan secara maraton dalam satu hari.

Lomba Cabang Musik EMCD FBS UKSW
Lomba Cabang Musik EMCD FBS UKSW

Berbeda

Sementara itu, Ketua Panitia EMCD 2023, Reina Sabia Listya, menyampaikan kegiatan ini telah terlaksana selama 3 tahun berturut-turut yaitu sejak tahun 2021 sampai 2023. EMCD merupakan kegiatan terusan dari English Competition Days diselenggarakan sejak tahun 2011.

“EMCD adalah kegiatan terusan dari English Competition Days, namun perbedaannya terletak pada tambahan kompetisi dari cabang musik,” kata mahasiswa FBS angkatan 2019 tersebut.

Lebih lanjut disampaikan, dengan kegiatan tersebut FBS mewadahi bakat dan potensi siswa SMA dan SMK dalam bidang bahasa Inggris maupun seni musik. Antusiasme peserta sangat terasa dalam perlombaan. Sorak-sorak penonton saat menyaksikan penampilan dan kompetisi band dan vocal group kian menambah semangat perlombaan.

Tidak hanya terlihat dari peserta saja, kegiatan ini diapresiasi positif oleh Dekan FBS Drs. Agastya Rama Listya M.S.M, Ph.D., yang turut hadir untuk menyaksikan kompetisi.

Pemenang Lomba

Beberapa pemenang yang berhasil menyabet juara pertama dari masing-masing cabang lomba EMCD 2023 yaitu:
a. Joan Valerie Peters (SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo) untuk cabang lomba speech.
b. Annisa Rizka Cahyaningrum (SMA Negeri 1 Ungaran) untuk lomba newscasting.
c. Deanes Darathea Pandulu (SMA Negeri 1 Salatiga) untuk lomba storytelling.
d. Louisa Charlene (SMA Kristen Tritunggal Semarang) untuk lomba spelling bee.
e. Joan Arlene Setio Putri (SMA Kristen Tritunggal Semarang) untuk lomba short story writing.
f. SMA Kristen YSKI untuk lomba vocal group dan band.

Rekomendasi
Berita Lainnya