SOLOPOS.COM - pakar Vocational and STEM Education dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) Mohammad Sattar bin Rasul (kiri) saat menerima gelar adjunct professor dari pendidikan vokasi UI di Alila Solo, Selasa (25/7/2023). (Istimewa/Pendidikan vokasi UI)

Solopos.com, SOLO–Program pendidikan vokasi Universitas Indonesia (UI) memberikan gelar Adjunct Professor kepada Mohamad Sattar Bin Rasul, pakar Vocational and STEM Education dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).

Conferment ceremony dilaksanakan bersamaan dengan acara The 6th International Conference on Vocational Education Applied Science and Technology (ICVEAST) 2023 di Alila Hotel Solo, Selasa (25/7/2023).

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Adjunct Professor merupakan gelar bagi kolega internasional UI yang memiliki kontribusi akademik yang signifikan dalam berbagai kerja sama akademik dan nonakademik.

Bagi Vokasi UI, ini adalah kali pertama pemberian gelar Adjunct Professor. Selama ini, Sattar berkontribusi dalam pengembangan riset internasional dengan menjadi kolaborator penelitian dosen di Vokasi UI.

Sattar memiliki rekam jejak penelitian yang baik dengan H-index Scopus 11 dengan 57 artikel. Saat ini, sudah tiga judul publikasi yang diterbitkan ke jurnal terindeks Scopus yang merupakan hasil kolaborasi penelitian antara Sattar dengan para dosen Vokasi UI.

Beberapa jurnal tersebut berjudul Blockchain Technology to Enhance Integrated Blue Economy: A Case Study in Strengthening
Sustainable Tourism on Smart Islands; Institutional Dynamics of Halal Tourism Development in Indonesia and Malaysia; dan Analyzing Teaching Strategy, Reflection and Netoorking Indicators Tooards Learning for Sustainable Development (LSD) of Green Skills.

“Vokasi UI akan terus berkolaborasi dengan Sattar untuk mendapatkan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat dengan skala internasional ke depannya,” ujar Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (1/8/2023).

Saat ini, jelas dia, Sattar juga turut berkolaborasi sebagai mentor task force akselerasi publikasi internasional sosial humaniora untuk dua dosen Vokasi UI, yaitu Rahmi Setiaoati dengan penelitian berjudul Society 5.0 Model: Digital Literacy Design The Development of Economic, Social and Environmental Sustainability Tourism in Lake Toba District, North Sumatra, Indonesia dan Diaz Pranita, dengan penelitian berjudul Analysis Of Disaster Mitigation In The Development Of Marine Site, Southern Lampung Tourism Destination.

Artikel ilmiah tersebut akan dipublikasikan ke Jurnal Internasional dengan kategori kuartil 2 (Q2) di Scimago Journal Ranking (SJR). Kewajiban sebagai Adjunct Professor tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan riset di Vokasi UI.

Dia menjelaskan Riset Sattar berfokus pada pendidikan, terutama mengenai pengembangan pendidikan, kurikulum, dan pelatihan vokasional atau Technical and Vocational Education And Training (TVET) serta Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).

Pada 2018 hingga 2021, ia meraih penghargaan Most Published in Indexed Journal (WOS/SCOPUS/ERA). Hingga saat ini, Sattar telah menerbitkan 193 artikel di jurnal terindeks dan 14 buku akademik.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, menyampaikan apresiasinya atas kontribusi yang diberikan Sattar kepada Vokasi UI.

“Kami tentu bangga dengan gelar Adjunct Professor pertama di Vokasi UI ini. Terima kasih kepada Prof. Sattar atas kontribusinya selama ini, kami juga berharap akan lebih banyak lagi kolaborasi yang dapat dilakukan bersama dengan Vokasi UI yang akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” ujar Padang.

Dia berharap pemberian gelar Adjunct Professor ini dapat semakin meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian serta mempererat kerja sama dengan institusi-institusi pendidikan dan riset kelas dunia, khususnya di Vokasi UI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya