SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/dok)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/dok)

SEMARANG – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jateng mengimbau lembaga penyiaran radio dan TV mendukung program Visit Jawa Tengah (VJT) 2013.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Kordinator Bidang Kelembagaan KPID Jateng Isdiyanto, SIP, mengatakan bentuk dukungan lembaga penyiaran yakni dengan menyiarkan iklan layanan masyarakat persiapan VJT 2013. “VJT 2013 merupakan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng untuk mengoptimalkan potensi wisata yang ada sehingga perlu didukung secara optimal agar berlangsung sukses,” katanya.

Menurut dia, pihaknya beberapa waktu lalu telah melakukan pertemuan dengan para pengelola radio dan TV di Jateng bertempat di gedung Museum Ronggowarsito, Jl Abdurahman Saleh, Semarang. Dalam pertemuan yang juga dihadiri Ketua KPID Jateng, Budi Sudaryanto, Kordinator Bidang Pengawasan dan Isi Siaran KPID Jateng, Zaenal Abidin, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng, Prasetyo Aribowo para pengelola radio dan TV sepakat mendukung VJT 2013.

“Dalam pertemuan itu para pengelola radio dan TV di Jateng sepakat mendukung dan mensukseskan VJT 2013 melalui iklan layanan masyarakat di lembaga siaran masing-masing,” ujarnya. Untuk persoalan teknis materi iklan layanan masyarakat serta materi liputan yang diperlukan berkordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng.

Dia menambahkan sesuai UU Nomor 32/2002 tentang Penyiaran, setiap lembaga penyiaran wajib melaksanakan iklan layanan masyarakat setiap hari minimal 10% dari total jam siaran iklan komersial. Porsi siaran iklan komersial dibatasi maksimal hanya 20 persen dari total jam siarnya. Sedang untuk lembaga penyiaran publik (LPP) seperti, TVRI, RRI serta radio pemerintah daerah jam siar iklan komersial dibatasi maksimal 15 persen, dan iklan layanan masyarakat minimal 30% dari total iklan komersialnya.

JIBI/SOLOPOS/Insetyonoto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya