SOLOPOS.COM - Pengusaha Jhon LBF (kiri) bersama Tiko (tengah), belum lama ini. (Instagram/@jhonlbf)

Solopos.com, SOLO–Sosok pengusaha Jhon LBF semakin dikenal setelah menjadikan Pulung Mustika Abima atau Tiko, 23, sebagai adik angkatnya dan menawari Tiko pekerjaan dengan gaji Rp10 juta/bulan.

Tiko adalah pemuda yang merawat ibunya, Eny Sukaesih, yang mengalami depresi di rumah mewah terbengkalai tanpa listrik dan akses air bersih di Cakung, Jakarta Timur, selama 12 tahun.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Kisahnya viral di jagat maya sepekan terakhir. Hal itu karena kisah hidup Tiko merawat ibunya dinilai sangat tragis.

Sebelumnya, sosok pemilik enam perusahaan tersebut dikenal dari video TikTok-nya tentang aktivitas di perusahaannya yang viral.

Pada video-video itu, Jhon LBF ditampilkan sebagai seorang atasan yang dekat dengan para karyawannya. Jhon LBF berpenampilan nyentrik dengan memakai banyak cincin, kalung, dan model rambut masa kini.

Lalu, siapakah Jhon LBF ini? Informasi yang dihimpun Solopos.com dari sejumlah sumber, Senin (9/1/2023), Jhon LBF bernama lengkap Henry Kurnia Ardhi. Dia lahir di Tangerang pada 1985.

Saat ini dia memiliki perusahaan yang diberi nama PT Lima Sekawan Indonesia, Hive Five, Jhonskin, Jhontax, Jhon Traktor, dan Mevol. Perusahaan itu bergerak di bidang penyediaan jasa pengurusan perizinan pendirian perusahaan, konstruksi, jasa pengurusan pajak dan keuangan, serta di bidang lainnya.

Pada video unggahan akun YouTube JHON_LBF, Jhon mengaku mualaf pada 2019. Dia merantau di Jakarta dari Semarang pada 2016. Dia mengaku berasal dari keluarga sederhana.

Jhon LBF tamatan SMA di Semarang. Dia merantau ke Jakarta dengan misi mengangkat derajat keluarga. Dia anak kedua dari tiga bersaudara. Kakak dan adiknya perempuan.

“Orang tua saya dulu bilang saya tidak bisa diharapkan karena hanya luntang-lantung, enggak punya masa depan,” kata Jhon LBF.

Namun, dia menganggap hal tersebut sebagai cambukan motivasi. Dia sejak SD sudah bekerja di tempat aduan ayam seperti memandikan ayam dengan upah Rp10.000.

“Dari kehidupan yang panjang seperti itu membuat saya menjadi pribadi tangguh, enggak suka mengeluh, dan enggak mau menyerah,” ulas Jhon LBF.

Kepeduliannya kepada Tiko menyita perhatian. Setelah mengecek kondisi rumah Tiko yang sebelumnya viral karena terbengkalai, Jhon LBF berjanji merenovasi rumah Tiko.

Jhon LBF juga mengangkat Tiko sebagai adik dan menawarkan pekerjaan kepada Tiko dengan gaji Rp10 juta/bulan. Jhon LBF memberikan semua itu karena sebagai bentuk apresiasi Tiko yang memuliakan orang tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya