News
Selasa, 6 Februari 2024 - 16:07 WIB

Viral Posisi Salat Anies-Cak Imin Jadi Sorotan Warganet

Hesti Puji Lestari  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Anies-Cak Imin salat jemaah. (Twitter/@RagilSemar)

Solopos.com, SOLO — Posisi salat yang dilakukan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menghebohkan warganet di media sosial. Hal yang menjadi perdebatan itu berawal dari foto viral yang memperlihatkan Cak Imin bertindak sebagai imam salat Anies Baswedan.

Dalam foto tersebut, terlihat jemaah salat hanya dilakukan oleh Cak Imin dan Anies. Jika merujuk pada hadis, maka posisi Cak Imin dan Anies tersebut kurang tepat.

Advertisement

Sebab, apabila imam dan makmum sama-sama laki-laki, dan makmum hanya seorang, ia harus berdiri di sebelah kanan sejajar dengan posisi imam.

Hal ini sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadis dari Ibnu Abbas Ra berikut ini:

“Aku menginap di rumah bibiku, Maimunah. Lalu, Rasulullah SAW shalat pada sebagian malam, lalu aku berdiri di samping kiri beliau. Maka, beliau memegang kepalaku dan mendirikan aku di sisi kanan beliau.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Advertisement

Di Twitter, posisi salat jemaah antara Anies dan Cak Imin menjadi perbincangan. Akan tetapi, beberapa netizen memiliki pendapat yang lain. Banyak di antara mereka yang yakin apabila di belakang Anies Baswedan masih ada jemaah perempuan yang tidak tertangkap kamera dalam potret tersebut.

Apalagi, tampak ada sajadah yang digelar tepat di belakang Anies Baswedan meski tidak terpotret sosoknya. Selain itu, di samping Anies Baswedan juga terdapat sajadah. Banyak netizen yakin bahwa mulanya di belakang imam ada dua makmum pria.

“Di belakang mas Anies apakah ada jamaah putri ? Kalo ada posisi tsb sudah benar berdasar hadis berikut “Dari Anas bin Malik r.a., beliau berkata: Saya bersama seorang anak yatim sholat di belakang Nabi SAW. Sedangkan ibuku, Ummu Sulaim, sholat di belakang kami.” (HR Bukhari),” tulis salah satu netizen.

Advertisement

Salah satu akun Twitter juga ada yang mengingatkan pengguna yang lain bahwa Cak Imin dan Anies adalah mantan anak pondok, sehingga kemungkinan kecil mereka melakukan kesalahan dalam posisi salat berjemaah.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Twitter Dibuat Geger dengan Posisi Salat Jamaah Anies-Cak Imin, Netizen: Mereka Lulusan Pondok”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif