SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Dua  bom meledak di Vihara Ekayana Graha, Kebun Jeruk, Jakarta, Minggu (4/8/2013)  malam. Suara ledakan pertama terdengar sekitar pukul 19.00 WIB sementara ledakan kedua terdengar sekitar pukul 23.00 WIB. Polisi memastikan suara tersebut berasal dari ledakan bom. Ledakan bom itu melukai tiga orang.

Saat kejadian berlansung terdapat aktivitas di dalam vihara. “Iya, bom,” ujar Kanit Krimum Polres Jakarta Barat AKP Martson Marbun saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (4/8/2013).

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Saat ini polisi sudah tiba di lokasi kejadian. Garis polisi sudah terpasang di dalam vihara.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bom tersebut meledak di dua tempat terpisah. Pertama di depan pintu masuk kebaktian. Dan yang kedua di pintu masuk sebelah dalam.

Terdapat tiga orang yang terluka akibat insiden ini. Polisi menemukan adanya banyak serpihan gotri di sekitar lokasi.  Tiga orang yang terluka itu adalah Elisa yang menderita luka pada telinga, lalu Rice menderita luka ringan pada tangan dan Ling Lung menderita luka pada telinga.

Kabareskrim Polri Komjen Sutarman menyatakan terdapat dua bom yang ditelakkan terpisah di Vihara Ekayana, Kebon Jeruk. Salah satu meledak dengan daya ledak kecil, yang kedua batal meledak.

“Ada dua yang satu di depan pintu masuk utama, meledak dengan ledakan kecil,” kata Komjen Sutarman di lokasi, Minggu (4/8/2013) malam.

Bom pertama tersebut, kata Sutarman, bahkan tidak mampu meledakkan kaca yang berada di dekat bom tersebut. Bom ini yang melukai warga yang tengah beraktivitas di vihara.

“Yang kedua berada di pintu masuk sebelah dalam. Tidak jadi meledak, hanya mengeluarkan asap. Ledakan tidak menghancurkan bungkusannya,” kata Sutarman.

Selain dua ledakan itu, juga terdengar ledakan ketiga sekitar pukul 23.00 WIB. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, ledakan ketiga itu merupakan bom yang sengaja diledakkan oleh tim Jihandak.

Ledakan bom yang terjadi di Vihara Ekayana, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, telah mengakibatkan 3 orang terluka. Efek ledakan bertambah karena di dalam bom juga disertakan benda-benda yang berbahaya.

“Ada serpihan besi. Dalam ledakan tersebut terdapat banyak gotri,” ujar sumber di kepolisian, Minggu (4/8/2013).

Ledakan pertama terjadi di pintu masuk kebaktian. Bom ditaruh di dalam tas tenteng plastik warna hijau. Diperkirakan bom berbobot 3 kg. Ledakan kedua terjadi di pintu masuk ke dalam. Bom-bom tersebut dicelupkan ke dalam air dan ditaruh dalam ember plastik warna kuning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya