SOLOPOS.COM - Warga Indonesia timur meluapkan kemarahan terhadap anggota DPR yang tak bisa mengatasi masalah di wilayahnya. (Tangkapan layar video di Twitter).

Solopos.com, SOLO–Video seorang lelaki paruh baya yang meluapkan kemarahannya terhadap anggota DPR viral di media sosial Twitter.

Lelaki itu menyebut anggota DPR yang datang tak ada gunanya karena tak bisa menyelesaikan masalah. Anggota DPR yang dimaksudnya hanya datang saat ada maunya.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Banyak warga internet (warget) atau netizen, termasuk mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti mengapresiasi sikap lelaki tersebut. Mereka menilai masyarakat saat ini memang harus cerdas dalam memilih wakil rakyat.

Pantauan Solopos.com, Senin (13/3/2023), salah satu warganet yang mengunggah video berdurasi satu menit 13 detik itu adalah akun @Heraloebss. Dia mengunggah video itu dengan diberi keterangan.

“Mantap Bapak, DPR Yg datang hanya ketika jelang pemilu saja jangan dipilih lagi! Daulat Rakyat!” tulis akun tersebut.

Dalam video itu, lelaki paruh baya meluapkan kekesalannya kepada anggota DPR. Dia tak menyebut identitas anggota DPR yang dimaksud.

Lelaki tersebut merupakan peserta suatu acara. Selain dia, terdapat banyak warga lainnya yang semuanya lelaki. Mereka memiliki ciri khas warga Indonesia timur.

Warga bersangkutan mengatakan sejak dia menjadi kepala kampung hingga tak lagi menjadi kepala kampung masalah jembatan di wilayahnya tak pernah selesai.

Padahal sebelum-sebelumnya ada anggota DPR yang datang dan berjanji bakal menyelesaikannya. Karena kesal dengan kondisi itu, warga tersebut tak mau lagi mempromosikan anggota DPR yang dimaksudnya meski bersujud di kakinya.

“Dari saya jadi kepala kampung sampai turun kepala kampung jembatan tinggal begitu saja. Kapan baru itu DPR datang juga mohon sujud di bawah kaki saya, tapi jembatan saja tak bisa perbaiki,” ulas lelaki tersebut dengan nada tinggi.

Dia mengaku sudah tak mau melihat anggota DPR datang lagi di wilayahnya untuk menghimpun suara. Menurut dia, kedatangan anggota DPR tak ada manfaatnya. Dari tahun ke tahun datang tetapi anggota DPR tak pernah bisa menyelesaikan masalah jembatan rusak.

“Terus DPR-DPR itu, kasih tahu itu orang jangan datang tunjuk muka lagi. Nanti saya usir karena tak ada manfaatnya itu orang datang mau ambil-ambil suara di sini. Dari tahun ke tahun datang tapi buktinya mana. Tidak pernah turun sosialisasi, hari raya tidak pernah turun. Lihat kata masyarakat itu bagaimana,” ucap lelaki itu.

Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti melalui akun @susipudjiastuti mengapresiasi sikap lelaki dalam video tersebut. “bravo untk bapak ini,” tulis Susi yang disertai emoticon tepuk tangan, jari jempol, dan gambar hati berwarna merah.

Warganet lainnya memberi tanggapan berbeda-beda. Ada warganet yang menyebut fenomena dalam video itu menunjukkan masyarakat sudah mulai cerdas sehingga tidak mau tergiur lagi dengan janji-janji wakil rakyat.

“Maka sudah seharusnya warga kita memilih dg cermat jgn karna artis / orang terkenal yg di pilih, malah akan bagus lagi jika anggota dewan dari rakyat biasa yg bener bener bekerja untuk rakyat, bukan sekedar gagah gagahan,” tulis akun @Mugiwara_lutfi

“Pentingnya edukasi buat para pemilih, klo milih jngan karna tampang atau harta atau karena ada hubungan keluarga. klo bisa bikin laporan rekam jejak para caleg trus dikasih buat para pemilih, bukannya janji doang yg dikasih,” tulis akun lain, @123fyp_.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya