SOLOPOS.COM - Butet Kertaradjasa (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Video kontroversial Butet memuji Freeport menjadi buah bibir.

Solopos.com, SOLO – Seniman Butet Kartaredjasa sedang jadi perbincangan hangat di jejaring sosial. Perkaranya, Butet tampil dalam video singkat yang diunggah akun Youtube PT Freeport Indonesia.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Publik dunia maya (netizen) tampak gerah dengan pernyataan Butet di video itu. Netizen menganggap pujian Butet tidak pantas dialamatkan ke Freeport.

Dalam video berjudul #KenalFreeport itu, mengatakan setelah melihat secara langsung praktik operasi Freeport, Butet mengatakan perusahaan ini telah menjalankan prinsip beradab baik terhadap alam dan sangat perhatian dengan lingkungan.

“Setelah saya melihat dari atas ke bawah, saya melihat ini satu siklus produksi yang sangat konsen pada alam dan lingkungan. Dan ada suatu tanggung jawab mengembalikan apa telah di dapat dari alam, dan dikembalikan lagi kepada alam. Jadi ini sebuah model penambangan yang memperlihatkan keberadaban manusia,” kata Butet dalam video itu.

Pernyataan singkat ini rupanya menuai reaksi keras. Bahkan ada saja netizen yang menganggap Butet telah “dibeli” perusahaan Amerika Serikat yang sudah menambang di Papua sejak 1967 tersebut.

“Watch #KenalFreeport, dibayar Freeport beraanih Si Om??” tulis akun @DRmulyana.

“WOW…money talks..Bullshit walks..hehehe,” tulis akun Facebook bernama Ferry Awan.

“Hanya satu kata ‘Pesan Sponsor'” tulis akun Facebook bernama Putut Iriyanto.

“Tumben, lawakannya bung Butet kali ini tidak lucu,” tulis akun Chaerul Fahmi dalam sebuah postingan di Facebook.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya