SOLOPOS.COM - Sebuah botol kecil berlabel “vaksin” di dekat jarum suntik medis di depan tulisan Coronavirus Covid-19. (Antara)

Solopos.com, SOLO -- Kepala Instalasi Gawat Darurat salah satu RS di Jakarta, dr Gia Pratama Putra mengatakan vaksin Covid-19 merupakan salah satu bagian untuk meningkatkan imunitas masyarakat.

Tetapi, mengingat vaksin Covid-19 belum bisa didapatkan oleh masyarakat, Gia mengimbau masyarakat untuk tak perlu takut untuk memeriksakan diri ke rumah sakit. Hal tersebut berguna untuk melakukan pemeriksaan dini deteksi Covid-19.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Duh! Beredar Kabar Ruang Isolasi Pasien Covid-19 Sejumlah Rumah Sakit Kota Solo Penuh

"Saya ingin teman-teman atau masyarakat semua datang ke rumah sakit, justru ketika kondisinya belum parah. Kalau masih fase-fase awal, dahak belum kental, itu pakai obat pengencer dahak saja tidak akan menyumbat paru-paru. Jadinya tidak akan menyebabkan pneumonia parah. Selain itu sekarang tes swab juga sudah semakin cepat, dalam sehari dua hari sudah bisa diterima hasilnya. Harganya juga semakin terjangkau”, jelas dr Gia dalam rilis yang diterima Solopos.com pada Jumat (13/11/2020).

Grafik Kasus Positif Covid-19 Sukoharjo Terus Meroket, Karena Kesadaran Prokes Masyarakat Masih Rendah?

"Vaksin Covid-19 adalah salah satu puzzle penting untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Secara spesifik, vaksin khusus untuk melindungi diri kita dari virus Covid-19, selain tiga hal yang saya sebutkan sebelumnya. Dengan vaksin kita akan lebih siap lagi menghadapi virus yang masuk”, tambah dia.

Selain segera memeriksakan diri ke rumah sakit jika ada gejala khas Covid-19, masyarakat juga tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan baik, yaitu 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

Laboratorium PCR Kini Juga Tersedia di RS Bhayangkara Semarang

“Jadi, cara kita menurunkan risiko infeksi adalah menurunkan jumlah virus. Caranya melakukan 3M dan meningkatkan imunitas tubuh. Cara meningkatkan imunitas ini ada tiga, yang pertama memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup dan baik. Artinya sayur dan buah harus dikonsumsi setiap hari. Kedua, istirahat yang cukup. Penelitian terbaru mengatakan, manusia itu idealnya tidur 6-7 jam, tidur sebelum jam 11 malam dan bangun sebelum jam 5 pagi, itu yang paling baik. Terakhir, olahraga rutin. Ini banyak yang tidak dilakukan di saat kita bekerja dari rumah. Padahal ada banyak olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah”, terang dr Gia.

Kunjungi Lokasi Evakuasi Bencana Merapi Klaten, Kadinkes Jateng Minta Protokol Kesehatan Dibenahi

Tingkat Kesembuhan Meningkat

Meski vaksin belum tersedia di tengah masyarakat, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan tren membaik. Hal ini pun memberikan optimisme tinggi bagi masyarakat dalam melewati masa pandemi Covid-19. Bersumber dari berbagai survei seperti, IPSOS hingga Nielsen, masyarakat Indonesia diketahui paling optimis dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Asia Tenggara. Hal ini tak lepas dari tingginya angka kesembuhan Covid-19 di dalam negeri.

Recovery rate dari seluruh total kasus Covid-19 mencapai 82.84%. Angka sembuh dan selesai isolasi COVID-19 meningkat dibandingkan sebelumnya, yaitu 80.51%”, ujar dr Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Satgas Covid-19, dalam kesempatan yang sama.

Pekerja Seni Klaten Alih Profesi, Protokol Kesehatan Tetap Ditaati

Keseriusan pemerintah dalam menangani pasien Covid-19 juga terlihat dari suplai obat penanganan Covid-19 yang terus terdistribusi dengan cukup. Dengan tujuan meningkatkan rasio kesembuhan, mulai 4 November 2020, obat penanganan Covid-19 ini sudah didistribusikan ke 34 Dinas Kesehatan Provinsi dan 779 rumah sakit di seluruh Indonesia. Pemerintah juga terus melakukan pemenuhan suplai obat penanganan Covid-19 hingga bulan Desember 2020 mendatang. Jumlah tenaga medis pun mencapai 300 ribu orang yang bekerja di rumah sakit rujukan Covid-19 di seluruh Indonesia.

Perkembangan Vaksin Covid-19 Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya