SOLOPOS.COM - MEMRIHATINKAN -- Kontroversi pemidanaan seorang anak di bawah umur akibat mencuri sandal jepit milik seorang anggota Polri menimbulkan reaksi masyarakat. Dibutuhkan UU Sistem Peradilan Anak untuk lebih menjamin perlindungan terhadap hak-hak anak dalam kasus hukum. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

MEMRIHATINKAN -- Kontroversi penyidangan seorang anak di bawah umur akibat mencuri sandal jepit milik seorang anggota Polri menimbulkan reaksi masyarakat. Dibutuhkan UU Sistem Peradilan Anak untuk lebih menjamin perlindungan terhadap hak-hak anak dalam kasus hukum. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

JAKARTA – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar menyatakan terbitnya Undang-undang Sistem Peradilan Pidana Anak mendesak diperlukan.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

“Undang-undang sistem peradilan pidana anak mendesak diperlukan mengingat semakin banyak kasus anak berhadapan dengan hukum,” kata Linda, Jumat (13/1/2012). Untuk itu, ia berharap Rancangan Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak bisa segera disahkan pada tahun 2012.

Berdasarkan catatan Komisi Nasional Perlindungan Anak pada awal tahun 2012 ini, sudah ada enam kasus hukum yang melibatkan anak. Sementara pada 2011 lalu, berdasarkan data dari Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 7.000 lebih anak berhadapan dengan hukum dan 6.700 anak diputus bersalah.

“Beberapa kasus yang membuat saya prihatin diantaranya kasus pencurian sandal oleh AAL, yang divonis bersalah dan dihukum dikembalikan ke orang tua hingga kakak beradik yang tewas di sel tahanan Polsek Sijungjung, Padang, akibat mencuri kotak amal,” katanya. Untuk itu, menurut Linda, perlu segera terbit Undang-undang mengenai Sistem Peradilan Pidana Anak untuk melindungi anak-anak Indonesia.

Dia juga menambahkan, pada saat ini untuk menangani anak yang berhadapan dengan hukum, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah menginisiasi penerbitan Keputusan Bersama antara Ketua MA, Jaksa Agung, Kepala Kepolisian RI, Menkumham, Mensos, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. SKB tersebut tentang penanganan anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) yang telah ditandatangani pada tanggal 22 Desember 2009 dan sebagai tindak lanjutnya ditetapkan kelompok kerja penanganan anak berhadapan dengan hukum yang beranggotakan wakil-wakil instansi terkait. Namun demikian, menurut Linda Undang-undang mendesak diperlukan karena merupakan payung hukum yang lebih mengikat semua pihak.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya