SOLOPOS.COM - Jumpa Pers wisuda Universitas Tunas Pembangunan (UTP) bersama Dwi Retno (paling kiri) di Hotel Megaland Solo, Kamis (21/9/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, SOLO — Wisudawati program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo, Dwi Retno, berhasil lulus tepat waktu meskipun selama kuliah dia juga disibukkan dengan aktivitas sebagai atlet bela diri Mixed Martial Arts (MMA).

Dia merupakan atlet dengan julukan The Reef yang berhasil mempertahankan gelarnya sebagai fighter di kelas women strawweight.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Saat jumpa pers wisuda UTP di Hotel Megaland Solo, Kamis (21/9/2023), Dwi mengatakan awalnya dia hanyalah pengangguran.

Tiga tahun menganggur, Dwi kemudian mendapatkan tawaran untuk kuliah di UTP. Sejak saat itu, Dwi dapat mengenyam pendidikan dan lulus tepat waktu.

“Di sini [UTP] dosennya semua mendukung, mendukung kreativitas saya di bidang akademik dan non akademik jadinya saya bisa seimbang dalam prestasi olahraga dan akademiknya. Dulu saya tidak kepikiran bisa menerima ijazah S1, dan ini memang kebanggaan saya selain menjadi juara MMA,” ujar Dwi saat jumpa pers.

Ke depan, Dwi ingin melanjutkan kuliah dengan mendaftar Pascasarjana untuk mendapatkan gelar magister sembari terus bertanding di MMA hingga menjadi juara internasional.

Dwi bersyukur mengenyam pendidikan di UTP karena sangat mendukung potensinya sekaligus mencegahnya untuk menganggur lebih lama lagi.

Tidak mudah baginya untuk membagi waktu antara kuliah pertandingan. Namun, dia melalukan berbagai upaya, seperti memulai latihan lebih awal yakni pukul 06.00 WIB.

Sering kali, dia juga meminta izin kepada dosen-dosennya untuk izin tak mengikuti kuliah, namun dimaklumi.  Hal itu yang membuatnya semakin merasa beruntung kuliah di UTP.

Dwi mengaku beberapa waktu lalu baru saja menyelesaikan Kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah. Dwi menjadi wakil Solo dalam cabang olahraga tinju.

Lulusan UTP lainnya yakni wisudawan Prodi D3 TPP, Abdullah Aziz. Aziz merupakan salah satu wisudawan Teknik Pemeliharaan Pesawat (TPP) yang berhasil lulus tepat waktu.

Kepada media, Aziz mengaku yakin segera mendapatkan pekerjaan karena lulusan TPP akan semakin dibutuhkan di masa depan. Beberapa perusahaan yang sudah menawarinya pekerjaan adalah Lion Air dan PT Dirgantara Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya