SOLOPOS.COM - Pada Selasa (6/2/2024), UT berkesempatan menghadiri acara Tingalan Dalem Jumenengan Pakubuwono XIII atau peringatan naik tahta ke-20 SISKS PB XIII di Keraton Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Dalam rangka meningkatkan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM), UT menjalin kerja sama dengan Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo.

Universitas Terbuka (UT) merupakan lembaga perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh terus berupaya memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan ketersediaan akses pendidikan tinggi bagi semua lapisan masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Pada Selasa (6/2/2024), UT berkesempatan menghadiri acara Tingalan Dalem Jumenengan Pakubuwono XIII  atau peringatan naik tahta ke-20 SISKS PB XIII di Keraton Solo.

Acara Tingalan Dalem Jumenengan adalah peringatan kenaikan tahta raja. Dalam bahasa Jawa, tingalan berarti peringatan, dalem bermakna panggilan kehormatan untuk raja Jawa, dan jumenengan yang berasal dari kata jumeneng dapat diartikan bertahta. Acara dihadiri oleh kerabat kerajaan, abdi dalem, serta tamu undangan dari instansi pemerintah maupun kerajaan-kerajaan di nusantara, tidak hanya tamu lokal tetapi ada pula tamu dari luar negeri. Dalam acara Tingalan Dalem Jumenengan ditampilkan tarian Bedhaya Ketawang.

Tarian Bedhaya Ketawang yang sangat sakral ini dibawakan oleh sembilan gadis remaja yang belum menikah serta tarian ini hanya ditampilkan satu tahun sekali saat acara Tingalan Dalem Jumenengan.

UT berpartisipasi dan berkolaborasi dengan Keraton Solo sebagai perwujudan dari pelestarian budaya dan tradisi adat istiadat sebagai salah satu upaya pengembangan kebudayaan Jawa.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat mengungkapkan bahwa hadirnya UT dalam acara Tingalan Dalem Jumenengan ini sebagai upaya untuk saling mengokohkan antara UT dengan Keraton Solo serta sebagai bentuk tanggung jawab insan pendidikan dalam rangka pemeliharaan dan pewarisan nilai-nilai budaya luhur Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Semakin erat hubungan UT dengan mitra seperti salah satunya Keraton Solo bisa menjadikan pengembangan institusi bersama. Dengan adanya kerja sama yang baik ini memberikan kemudahan atau akses bagi dosen UT dan mahasiswa untuk melakukan kajian riset dan penulisan karya ilmiah, serta menjalani magang sebagai bagian dari implementasi Kampus Merdeka di Keraton Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya