SOLOPOS.COM - Dua mahasiswa Program Studi (Prodi) Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Cindy Christine Litaay dan Lidya Saraswati Karunia Dethan, berhasil menorehkan prestasi dalam lomba penulisan esai tingkat nasional, baru-baru ini. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Dua mahasiswa Program Studi (Prodi) Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Cindy Christine Litaay dan Lidya Saraswati Karunia Dethan, berhasil menorehkan prestasi dalam lomba penulisan esai tingkat nasional, baru-baru ini.

Melalui Psychology Festival 2024 (Psyfest 2024) yang diselenggarakan Universitas Bunda Mulia (UBM), Cindy berhasil meraih Juara 2 lewat esai berjudul KEMOLA: Program Pembinaan Calon Ibu dan Ayah untuk Membangun Kecerdasan Emosional Anak dalam Keluarga. Sedangkan Lidya meraih Juara 3 dengan judul esai yaitu Cerdas Sosial dan Emosi: Jembatan Penghubung Jurang Antar Generasi.

Keduanya merasa bangga mampu bersaing dengan 22 peserta lomba yang berasal dari 7 universitas di Indonesia. “Senang pas tahu apa yang aku tulis dan aku suka, bisa meraih prestasi,” ungkap Lidya yang gemar menulis ini.

Ucapan terima kasih mereka sampaikan atas segala dukungan dari dosen pembimbing Maria Nugraheni Mardi Rahayu, S.Psi., M.Psi., fakultas, dan teman. Menurut Cindy dan Lidya, dosen pembimbing memiliki andil besar dalam kejuaraan yang diraih.

“Kak Maria benar-benar membantu, membimbing step by step. Bahkan saat masuk 5 besar dan masuk ke tahap presentasi, kami melakukan latihan tanya jawab sehingga bisa persiapan untuk presentasi esai dengan maksimal,” tambah Lidya.

Saat ditanya lebih lanjut apa yang menjadi persiapan diri masing-masing, keduanya setuju jika membaca adalah kunci untuk mendapatkan ide dan wawasan yang lebih luas. Bahkan Cindy menambahkan, prinsip just do it, membuatnya semakin mantap dalam menyusun tulisan.

“Dengan semakin banyak membaca, kita dapat memperluas pemahaman kita. Selain itu, saya percaya pada prinsip just do it. Kalau ada ide apapun, langsung ditulis aja, segera dicatat. Ketik apa pun yang kamu tahu supaya nanti ide-ide itu bisa digali lebih lanjut,” ujar perempuan asal Jayapura ini.

Rekomendasi
Berita Lainnya