SOLOPOS.COM - Ketua Badan Anggaran DPR RI, Said Abdullah (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Cuplikan video Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah sedang mengobrol sembari merokok di jet pribadi membuat heboh publik dunia maya.

Kehebohan itu dipicu kejadian sebelumnya karena Said Abdullah lah yang mengusulkan penghapusan daya listrik bersubsidi 450 volt ampere (VA) menjadi 900 VA.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Respons negatif itu terlihat dari unggahan akun Twitter @GagahWicaksana.

“Wadow, Ketua Banggar DPR RI dari PDIP, yang akan menghapus daya 450 VA menjadi 900 VA naik private jet mantab bukan?! Bangga ya bisa pamer kemewahan di saat masyarakat masih merangkak untuk memperbaiki ekonominya,” tulis akun @GagahWicaksana, seperti dikutip Solopos.com, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan Tak Hapus Pelanggan Listrik 450 VA

Video itu dianggap ironi karena Said Abdullah dianggap tidak peka dengan penderitaan wong cilik.

Dianggap tak peka masyarakat kecil, seberapa kaya Ketua Banggar DPR Said Abdullah?

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dirilis KPK di elhkpn.kpk.go.id, pada periode 2021 total harta kekayaan Said Abdullah sebesar Rp84,58 miliar.

Baca Juga: PLN Pastikan Tidak Hapus Daya Listrik 450 VA

Kekayaan itu terdiri dari tanah dan bangunan senilai Rp61,98 miliar yang tersebar di 32 titik wilayah, tepatnya di Jakarta Selatan dan Kota Sumenep.

Untuk alat transportasi dan mesin, harta kekayaan Said sebesar Rp1,69 miliar dengan rincian satu mobil Fortuner Jeep tahun 2016 dan satu mobil Alphard Minibus tahun 2016.

Selain itu, Said punya harta bergerak senilai Rp2,58 miliar. Dia juga memiliki surat berharga senilai Rp566.805.140.

Baca Juga: Daya Listrik 450 VA Diusulkan Dihapus, Begini Respons Warga Boyolali

Sedangkan harta kas dan setara kas senilai Rp17,7 miliar. Pada tahun 2021, Said tak tercatat memiliki utang.

Artinya, total kekayaannya sebesar Rp84.589.901.803. Sebagai informasi, Said mengungkapkan alasan dirinya ingin menghapus daya listrik 450 VA beberapa waktu lalu.

Dia menegaskan sampai saat ini para pelanggan listrik yang berdaya 450 VA dan 900 VA termasuk kategori rumah tangga, mendapatkan subsidi listrik oleh pemerintah.

Baca Juga: Pengguna Daya 450 VA di Karanganyar Setuju Dihapus Asalkan Tagihan Sama 

“Hal ini perlu diluruskan sebab telah diopinikan pelanggan 900 VA tidak termasuk pelanggan listrik yang disubsidi oleh pemerintah. Opini ini untuk menggiring agar terjadi penolakan pelanggan yang berdaya 450 VA untuk dialihkan ke 900 VA,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (19/9/2022).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Viral Ketua Banggar DPR Merokok di Jet Pribadi, Segini Harta Kekayaan Said Abdullah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya