SOLOPOS.COM - . (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika NS)

Harianjogja.com, JOGJA– Pada Juni lalu, Jogja mengalami inflasi sebesar 0,43% akibat kenaikan harga sejumlah komoditas. Salah satu faktornya adakah naiknya harga daging dan telur ayam selama musim liburan dan menjelang puasa.

Kenaikan dua komoditas tersebut berdampak pada berubahnya angka indeks harga konsumen (IHK). Selain daging ayam ras (0,06%), telur ayam ras (0,05%), Badan Pusat Statistik (BPS) DIY juga mencatat harga bawang merah (0,05%) juga menyumbang inflasi di DIY. Komoditas yang mengalami kenaikan harga dan memberi andil terjadinya inflasi diantaranya daging ayam ras naik 5,93%, bawang merah (17,51%) dan telur ayam ras (8,19%).

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Sebaliknya, komoditas yang mengalami penurunan harga di antaranya daging sapi turun 3,64%, salak (17,98%) dan daun melinjo (36,23%). “Secara umum, harga berbagai komoditas selama Juni 2014 mengalami kenaikkan. Ini terjadi sebelum Ramadan yang mengakibatkan meningkatnya permintaan atas komoditas tertentu,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, Bambang Kristianto di kantor BPS DIY, Selasa (1/7/2014).

Menurut Bambang, kenaikan tarif dasar listrik (TDL) per 1 Juli ini, ternyata berpengaruh menggoyang inflasi. Ini terlihat dari hasil pemantauan harga-harga yang dilakukan BPS selama Juni. Jogja, kata Bambang, mengalami inflasi sebesar 0,43% dengan angka indeks 111,62. Angka tersebut relatif lebih tinggi dibandingkan dengan Mei 2014 yang mencapai 111,14.

“Laju inflasi year on year (yoy) Juni 2014 terhadap Juni 2013 sebesar 6.35%. Komoditas terbesar yang mempengaruhi perubahan inflasi seperti daging ayam ras, bawang merah, bawang putih, tarif listrik,” jelas Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya