SOLOPOS.COM - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri) saat bertemu dengan Menteri Pertanian Spanyol Luis Planas Puchades (kanan) di Kantor Kementan Spanyol, beberapa hari lalu. (ANTARA/HO-Kementan)

Solopos.com, JAKARTA — Wakil ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni membantah kabar Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo hilang kontak. 

Dia memastikan Syahrul akan kembali ke Indonesia karena sudah diperintahkan oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat tapi Prospektif

“Tanggal 5 Oktober Pak Mentan akan kembali ke Tanah Air, karena ketua umum [Surya Paloh] perintahkan untuk segera kembali ke Tanah Air,” ungkap Bendahara Umum Partai NasDem itu, dilansir Bisnis.com.

Meski demikian, dia menegaskan Syahrul masih tetap dijadwalkan pulang ke Indonesia pada Kamis (5/10/2023) besok.

“Enggak ada nih [Syahrul hubungi pihak NasDem pasca dikabarkan hilang kontak]. Saya dapat informasi prostatnya masalah akhirnya dia tidak pegang komunikasi. Tetapi sudah terkomunikasi tanggal 5 [Oktober 2023] kembali,” ungkap Sahroni. 

Sebelumnya, Sahroni mengakui Syahrul seharusnya dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 1 Oktober 2023 usai kunjungan kerja ke Eropa. Meski demikian, lanjutnya, mantan gubernur Sulawesi Selatan itu mengalami masalah kesehatan.

Sebagai informasi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan telah menetapkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan). 

Rumah dinas menteri dari Partai Nasdem itu pun telah digeledah oleh penyidik KPK, Kamis (28/9/2023).

Hilang Kontak 

Mentan dikabarkan hilang kontak saat kunjungan ke Eropa. Syahrul Yasin Limpo terakhir kali diketahui sedang berada di Spanyol untuk melakukan kunjungan kerja. 

Kabar itu dibenarkan oleh Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi.  Politikus NasDem itu berada di Spanyol untuk kunjungan kerja dalam rangka pengembangan green house skala industri, sekaligus bertemu dengan Mentan Spanyol Luis Planas Puchades di kantor Kementerian Pertanian. 

Sebelumnya, Syahrul berada di Roma Italia untuk menghadiri forum Global Conference on Sustainable Livestock Transformation yang diadakan oleh Food and Agriculture Organization (FAO) atau Organisasi Pangan dan Pertanian PBB. 

“Kalau dari Spanyol informasi terakhir yang kami terima memang berbarengan dengan beberapa pejabat eselon kami, eselon I ada yang ikut tiga orang juga ada eselon II yang ikut kunjungan kerja pak Menteri, juga beberapa staf,” katanya, di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (3/10/2023). 

Dia menjelaskan kembalinya rombongan ke Indonesia memang dilakukan secara masing-masing dan terpisah, karena keterbatasan tiket pesawat. 

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Update Terbaru Mentan Syahrul Limpo: Sakit Prostat, Balik ke RI Besok”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya