SOLOPOS.COM - Logo Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). (Ist)

UNY meluncurkan bus kampus sebagai alat transportasi bagi mahasiswa berkeliling antarkampus.

Harianjogja.com, JOGJA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyediakan layanan bus keliling antarkampus guna membantu para mahasiswa mengakses layanan transportasi untuk kuliah.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Memiliki sejumlah kampus yang tersebar di beberapa lokasi berbeda membuat UNY berpikir untuk menyediakan transportasi antar kampus sehingga membantu para mahasiswanya. Bus antarkampus itu akan segera beroperasi dalam waktu dekat ini.

“Kami sadar betul kebutuhan transportasi bagi para mahasiswa ini. Jadi mahasiswa yang tidak berada di kampus pusat Karangmalang bisa lebih mudah berkunjung. Apalagi bus ini kami sediakan gratis,” ujar Rektor UNY Rochmat Wahab, Rabu (24/12/2014).

Rochmat mengungkapkan program transportasi antar kampus itu bekerjasama dengan Bank Mandiri. Sponsor menyediakan armada untuk melayani trayek kampus Karangmalang-kampus Stadion Mandala Krida-kampus Jalan Bantul-Kampus Wates. Rochmat berharap, setiap harinya bus bisa menempuh jalur tersebut sebanyak dua hingga tiga kali putaran.

“Kami sangat senang bisa menyediakan fasilitas lebih bagi para mahasiswa. Semoga ke depannya jumlah bus bisa bertambah agar transportasi mahasiswa UNY semakin mudah,” imbuhnya.

Nantinya di tiga titik itu akan disediakan shelter yang bisa diakses para mahasiswa untuk menunggu bus layanan kampus itu. Rochmat mengatakan kerjasama pengadaan fasilitas bersama Bank Mandiri telah beberapa kali dilakukan. Selain hibah bus, Bank Mandiri juga pernah membantu menata dan menyediakan lokasi baru bagi para pedagang kaki lima (PKL) UNY. Kerjasama lain juga dilakukan kedua institusi ini melalui penyaluran beasiswa bidikmisi dan penerimaan mahasiswa baru melalui program Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Kegiatan-kegiatan seperti ini juga diharapkan mampu memupuk jiwa sosial semua civitas akademika UNY,” tuturnya.

Kepala Biro Umum Perencanaan dan Keuangan UNY Setyo Budi Takarina mengungkapkan, rencana penyediaan transportasi antarkampus UNY bagi mahasiswa tersebut sebenarnya telah ada sejak 2013 lalu. Meski terlambat, ia bersyukur pada akhirnya rencana tersebut terwujud.

Dalam kesempatan serupa, Direktur Institusional Banking Bank Mandiri Abdul Rachman menuturkan, kerjasama bantuan pengadaan satu armada bus tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas sarana pendukung pendidikan. Dana pengadaan diambil dari dana CSR Bank Mandiri sebesar Rp578,5juta.

“Sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi di Indonesia, UNY perlu terus didukung agar dapat menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu menelurkan karya terbaik bagi negeri ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya