SOLOPOS.COM - Halimah Yacob. (straitstimes.com)

Halimah Yacob. (straitstimes.com)

SINGAPURA – Halimah Yacob akan menjadi perempuan pertama yang menjabat ketua parlemen di Singapura. Dia akan menggantikan Michael Palmer, ketua lama yang mengundurkan diri lantaran skandal seks.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada Selasa (8/1/2013) mengatakan, ia akan mencalonkan Halimah Yacob, 58, yang saat ini menteri negara di Departemen Pembangunan Masyarakat, Pemuda dan Olah Raga, untuk pos itu ketika parlemen bersidang Senin depan.

Michael Palmer, 44, mengundurkan diri bulan lalu setelah secara terbuka mengaku memiliki hubungan di luar nikah dengan seorang wanita pekerja sosial masyarakat. Halimah, yang harus mengundurkan diri dari kabinet sebelum dia mengambil pos barunya, memiliki pengalaman luas dalam gerakan buruh, pekerjaan sosial dan pendidikan pra-sekolah.

“Di dalam kabinet, Halimah berbicara dengan suara praktis penuh kasih, membantu kita untuk membentuk kebijakan yang efektif dengan sentuhan kemanusian,” kata Lee dalam pernyataan resminya.

Partai-partai kecil dan oposisi yang beragam di Singapura telah mendesak Lee untuk mengadakan pemilu sela di wilayah Punggol Timur yang ditinggalkan oleh Palmer, seorang ayah yang mengatakan ia berhenti (dari jabatan) “untuk menghindari rasa malu” bagi partai yang berkuasa dan parlemen.

Parlemen beranggotakan 87 yang didominasi oleh Partai Aksi Rakyat, memerintah republik-pulau itu secara terus menerus sejak 1959. Saat ini hanya ada enam anggota oposisi di parlemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya