SOLOPOS.COM - Kampus UNS. Kentingan, Solo (skypercity.com)

Dies Natalis ke-40 akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik.

Solopos.com, SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) bakal menghelat serangkaian pameran ilmiah, pentas seni dan talkshow bertajuk UNStopable Exhibiton and Performance di The Park Solobaru, Grogol, Sukoharjo, Kamis-Minggu (10-13/3/2016).

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Sebelum pameran yang merupakan bagian dari serangkaian acara Dies Natalis ke-40 (Lustrum VIII) UNS tersebut resmi dibuka Kamis, akan digelar pre-event, Rabu (9/3/2016), yang diisi antara lain dengan penampilan Paduan Suara UNS, dalam bentuk musikalisasi puisi, keroncong D’Java, serta komunitas musik Civil Engineering and Saman’s Civil Dance.

Ketua Bidang Pameran Lustrum VIII UNS, Ari Setiawan, mengemukakan pameran tersebut mengusung tema Hilirisasi UNS Berbasis pada Budaya Nasional. Dia menyebutkan, serangkaian kegiatan di The Park itu akan terbagi menjadi tiga acara, yakni pameran, performance atau pentas seni dan talkshow, serta bakti sosial.

Pameran dibuka Kamis, dengan serangkaian acara yang puncaknya siang hari dengan dilaksanakan kirab pada pukul 13.00 WIB yang diikuti civitas akademika UNS.

“Kirab dimulai dari Hotel Best Western Solo Baru menuju lokasi pameran di The Park, dimeriahkan dengan berbagai penampil seperti marching band, Solo Batik Carnival dan lainnya. Kami juga akan menghadirkan dua kereta kencana yang akan dinaikk oleh Rektor UNS (Ravik Karsidi) dan ibu Rektor, diiringi oleh jajaran pimpinan UNS yang lain,” ujar Ari saat ditemui wartawan di The Park, Senin (7/3/2016).

Dalam acara pembukaan, direncanakan hadir pula Mantan Menteri Pendidikan, M. Nuh, selaku Dewan Penyantun UNS. Beberapa iring-iringan di antaranya berupa 11 gunungan yang dibuat oleh sepuluh fakultas yang ada di UNS dan Program Pascasarjana UNS. Pameran dibuka secara resmi dengan pengguntingan pita oleh Rektor UNS.

“Pameran dilangsungkan mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB,” terangnya.

Sementara Jumat, serangkaian acara juga digelar untuk menyemarakkan pameran. Salah satunya digelarnya pentas musik Keroncong Profesor Live Concert yang akan diisi oleh para profesor atau guru besar-guru besar UNS dengan menyanyikan lagu-lagu keroncong.

“Pentas musik keroncong ini akan dimulai pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB. Kami juga akan menyiapkan kejutan di situ,” tambahnya.

Sementara Sabtu, lanjutnya, salah satu acara yang diadakan yakni talkshow bertajuk UNS Menyapa yang akan disiarkan di TATV Solo. Acara tersebut menghadirkan motivator Indonesia yang juga alumni Fakultas Hukum (FH) UNS, Tung Desem Waringin dengan topik yang diusung Internasionalisasi UNS. Sabtu tersebut sekaligus dimulainya kegiatan Bakti Sosoal. Sementara Minggu, acara diisi antara lain dengan talkshow denga topik SPMB: Talkshow UNS Enrollment Guide, Internasitional Office Talkshow, dan Talkshow Hilirisasi Hasil Penelitian.

Ari menambahkan, para peserta yang berpartisipasi dalam pameran yaitu Seamolec, Wijaya Karya, Green Rekadaya Accoustics, TME System and Norsonic, Mobil Listrik Nasional, Pusat Jalan dan Jembatan (Pusjatan) atau PT Inti, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), dan Badan Standarisasi Nasional (BSN). Sementara koridor pameran melibatkan hampir semua fakultas, serta sejumlah unit di UNS.

Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat
Lustrum VIII UNS, Paramasari Dirgahayu, menambahkan, untuk Bidang Baksos, berbagai kegiatan juga diadakan dan terbagi menjadi tiga grup, yaitu penghijauan yang diinisiasi Program Green Campus dan dimotori oleh Fakulas Pertanian (FP), peningkatan sentra petani, serta peningkatan entrepreneursh dengan sasara peningkatan home industry di sekitar Kampus UNS.

“Dalam Baksos juga diadakan Parade Layanan Spesialisasi. Baksos Kesehatan ada enam macam, yaitu baksos untuk para purnakaryawan atau pensiunan UNS, layanan donor darah, pemeriksaan laboratorium gula darah, kolesterol, asam urat, konsultasi gratis seputar penyakit dalam, layanan fisus mata, layanan THT [telinga hidung tenggorokan],” paparnya.

Masih dalam rangkaian Bidang Baksos yang dijadwalkan awal Mei mendatang, antara lain berupa USG gratis, pemeriksaan dan operasi katarak, khitanan massal untuk 100 pasien, operasi bedah minor untuk 50 pasien, pengobatan gratis untuk 200 pasien.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya