SOLOPOS.COM - Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho menyatakan rangking UI GreenMetric UNS naik menjadi peringkat ke-6 pada 2023.. (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo meraih peringkat ke-6 Universitas Indonesia (UI) GreenMetric. Pengumuman dan penganugerahan UI GreenMetric Rangking se-Indonesia dilaksanakan di Universitas Hasanudin Makassar bersamaan dengan penyelenggaraan Seminar Nasional Solusi E-waste pada Kamis (30/11/2023).

Rektor UNS, Jamal Wiwoho, mengatakan selama empat tahun berturut-turut UNS mendapatkan peringkat ke-7, akhirnya pada 2023, UNS berhasil meningkatkan posisinya. “Alhamdulillah, dalam pengumuman ini UNS masuk peringkat 10 besar, tepatnya peringkat ke-6 dari 145 peserta pemeringkatan secara nasional. Pencapaian yang membanggakan sekaligus membahagiakan,” ujar dia dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (1/12/2023).

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Jamal menambahkan UI GreenMetric sebagai lembaga pemeringkatan tingkat dunia telah memberikan penilaian capaian kepada perguruan tinggi yang peduli terhadap keberlanjutan lingkungan sejak 2010.

“Penilaian UI GreenMetric meliputi 6 aspek utama yaitu setting and infrastructure, energy and climate change, waste, water, transportation dan education and research yang seluruhnya terdiri dari 39 indikator,” imbuh dia.

Menginjak tahun ke-14, pemeringkatan UI GreenMetric secara internasional telah diikuti 1.183 perguruan tinggi di 85 negara. Secara nasional, peserta pemeringkatan UI GreenMetric berjumlah 145 perguruan tinggi.

Meskipun peringkat bukan yang utama bagi peserta pemeringkatan, namun pengumuman ini selalu ditunggu-tunggu setelah kerja keras tim pemeringkatan masing-masing perguruan tinggi.

“Capaian ini diharapkan dapat mendorong seluruh sivitas akademika untuk memantaskan diri dan terus bergerak berinovasi melakukan program-program lingkungan secara berkelanjutan demi tercapainya bumi lestari dan demi generasi nanti,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya