SOLOPOS.COM - Lima guru besar UNS yang dikukuhkan pada Selasa (19/9/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menambah lima guru besar baru dari empat fakultas yang berbeda. Kelima guru besar baru tersebut akan dikukuhkan di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Selasa (19/9/2023).

Sekretaris Senat Akademik UNS, Ari Handono Ramelan mengatakan dalam kurun satu tahun ini, pihaknya bakal mengukuhkan 22 guru besar. 

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

“Ini angka yang cukup banyak, jadi kita konsisten menambah guru besar, harapannya bisa semakin berkontribusi terhadap kampus dan masyarakat secara umum,” kata dia dalam Konferensi Pers di hadapan media, Senin (18/9/2023) di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS.

Guru besar pertama yakni Avi Marlina yang memiliki keahlian dalam bidang ilmu Transformasi Budaya Bermukim pada Fakultas Teknik (FT). Avi menjadi Guru Besar ke-273 UNS dan ke-25 FT.

Pidato yang bakal disampaikan berjudul Arsitektur Regeneratif Menuju Keberlanjutan Kawasan Warisan Budaya Baluwarti Surakarta

Kedua, Eko Pujiyanto, akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu Manajemen Kualitas FT. Eko sendiri merupakan Guru Besar ke-274 UNS dan ke-26 FT.

Dirinya bakal menyampaikan pidato pengukuhan berjudul Rekayasa Kualitas Produk Untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Manufaktur yang Berkelanjutan.

Ketiga, yakni Kundharu Saddhono akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang llmu Sosiolinguistik pada Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan (FKIP). Kundharu merupakan Guru Besar ke- 275 UNS dan ke-70 FKIP.

Dirinya bakal menyampaikan pidato berjudul Bahasa Indonesia Menuju Bahasa Internasional Dalam Perspektif Sosiolinguistik.

Keempat, Pamudji Utomo akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu Orthopedi Tulang Belakang pada Fakultas Kedokteran (FK). Pamudji merupakan Guru Besar ke-276 UNS dan ke-48 FK. 

Mantan Dirut RS Orthopedi Prof Dr R. Soeharso Solo bakal menyampaikan pidato berjudul Penanganan Penyakit Tulang Belakang untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Sumber Daya Manusia. 

Kelima, yakni Sapta Kunta Purnama, dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Olahraga pada Fakultas Keolahragaan (FKOR). Sapta merupakan Guru Besar ke-277 UNS dan ke-4 FKOR. Dekan FKOR UNS itu bakal menyampaikan pidato berjudul Pembinaan Paralympian Menuju Indonesia Emas 2045.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya