SOLOPOS.COM - Lima guru besar UNS Solo yang akan dikukuhkan pada Selasa (7/3/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan menambah lima guru besar baru. Kelima guru besar tersebut akan dikukuhkan langsung oleh Rektor UNS, Jamal Wiwoho, di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Selasa (7/3/2023).

Pengangkatan atau pengukuhan guru besar tersebut merupakan momentum yang pas menjelang Dies Natalis ke-47 UNS Solo.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

“Kami berharap ada lebih banyak lagi guru besar yang ada di UNS, ini berkaitan agar bisa lebih besar lagi berkontribusi ke masyarakat,” ujar Sekretaris Senat Akademik UNS, Ari Handono Ramelan dalam jumpa pers, Senin (6/3/2023).

Dia menjelaskan kelima guru besar tersebut antara lain Albertus Sentot Sudarwanto, Agus Purwantoro, Bambang Harjito, Rahmanu Widayat, dan Danar Praseptiangga, 

Dia menjelaskan guru besar pertama yang dikukuhkan yaitu Albertus Sentot Sudarwanto merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum (FH) UNS. “Prof. Sentot Guru Besar ke-10 FH dan ke-255 UNS,” ujar dia.

Sentot, kata Ari, akan membacakan pidato pengukuhan dengan judul Model Imbal Jasa Lingkungan Berbasis Kontekstual Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Perdata.

Sedangkan guru besar kedua, Agus Purwantoro merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Penciptaan Performance Art Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) UNS. 

Ari menjelaskan Agus Purwantoro dinobatkan sebagai Guru Besar ketiga FSRD dan ke-256 di tingkat universitas. “Nantinya Prof. Agus membacakan pidato pengukuhan dengan judul Eksplorasi Kreatif dan Identitas Karakter Dalam Seni Rupa Kontemporer Indonesia`,” ujar dia.

Sementara itu guru besar ketiga, Bambang Harjito, akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Besar Bidang Ilmu Kriptografi dan Keamanan Informasi pada Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data atau Fatisda UNS. 

Ari menjelaskan Bambang yang merupakan guru besar pertama Fatisda dan ke-257 UNS. “Ini prestasi karena beliau itu guru besar pertama di Fatisda,” kata dia.

Bambang akan membacakan pidato dengan judul Keamanan Informasi menggunakan kriptografi Deoxyribo Nucleic Acid (DNA)  berbasis Nth Degree Truncated Polynomial Ring Units (NTRU) kriptosistem pada Cyber Space.

Kemudian, Guru Besar keempat Rahmanu Widayat, dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Estetika pada FSRD UNS. “Saat ini juga sebagai Dekan FSRD merupakan Guru Besar keempat FSRD dan ke-258 UNS. Nantinya membacakan pidato pengukuhan dengan judul Estetika Rupa Jawa Dalam Konstelasi Seni Timur dan Barat,” ujar Ari.

Terakhir, Danar Praseptiangga dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pangan pada Fakultas Pertanian (FP) UNS. Ari menjelaskan Danar merupakan Guru Besar ke-38 FP dan ke-259 UNS.

“Terus judul pidato pengukuhan yang akan dibacakan Prof. Danar Pengembangan Pangan Fungsional dan Pengemas Pangan Berkelanjutan Berbasis Sumber Daya Alam Indonesia,” kata dia. 

Ari menegaskan UNS Solo selalu ingin memberikan yang terbaik terkait mutu dosen. Dia ingin melalui pengangkatan guru besar tersebut berharap peran UNS di masyarakat semakin baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya