SOLOPOS.COM - Konferensi pers tentang Informasi hasil audiensi pimpinan UNS dengan Tim Teknis Kemdikbudristek di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS Solo, Selasa (1/8/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo sudah menyiapkan skema dan tahapan pemulihan Majelis Wali Amanat (MWA) UNS yang kini masih dibekukan.

Tahapan itu sudah dibahas bersama Tim Teknis Pendukung Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) di Ruang Sidang Ditjen Diktiristek, Jakarta, Senin (31/7/2023) lalu.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Ketua Dewan Profesor UNS Solo, Suranto Tjiptowibisono, mengatakan tahapan pemulihan dan pengaktifan MWA terlebih dahulu memilih keanggotaan Senat Akademik Fakultas (SF) akan dilakukan pada Juli sampai Agustus 2023.

“Ini sudah mulai berjalan, ini tinggal beberapa fakultas senat akademik, kami sebenarnya juga diminta Pak Rektor untuk membantu,” kata dia dalam temu media di Gedung GPH Haryo Mataram UNS, Selasa (1/8/2023).

Lalu dilanjutkan dengan penataan Senat Akademik tingkat universitas yang akan dilaksanakan pada Agustus sampai September 2023. Baru setelah terbentuk, akan mengadakan pemilihan MWA.

“Komposisi anggota MWA ada yang berasal senat akademik sebanyak tujuh orang, dan Dewan Profesor tidak ada satu pun yang masuk anggota, tapi di sana ada alumni, ada wakil mahasiswa, ada wakil akademik,” kata dia.

Dia mengatakan dalam waktu dekat bakal membentuk tim yang turut membantu meninjau PP 56 yang menjadi dasar pelaksanaan PTNBH di UNS Solo. Berdasarkan peraturan tersebut Dewan Profesor tidak bisa menjadi bagian dari keanggotaan MWA.

“Jadi saya bukan anggota MWA, [terlibat] milih [rektor] juga tidak. Makna tidak terlibat dalam membuat peraturan-peraturan [pilihan rektor] itu,” kata dia.

Dia melanjutkan pemilihan anggota MWA bakal diproyeksikan pada September sampai Oktober 2023. Dengan begitu, dia berharap pengaktifan anggota MWA bakal dilakukan pada Oktober sampai November 2023.

Setelah MWA UNS terbentuk kembali, maka MWA yang baru terbentuk bertugas menyiapkan tata cara penyusunan penyusunan peraturan internal, peraturan pilihan rektor, dan lainnya. “Ini diharapkan November [sampai] Desember 2023,” kata dia.

Dia mengatakan pemilihan rektor diharapkan bisa berlangsung sekitar Desember 2023 sampai Februari 2024.

“Jadwal yang sudah ditentukan ini harapan kita bisa menjadi pedoman kita, dan saya berharap tidak berlarut-larut,” kata dia.

Berikut Linimasa tahapan pemulihan dan Pengaktifan MWA: 

a). Penataan keanggotaan Senat Akademik Fakultas (SAF) pada Juli – Agustus 2023;

b). Penataan keanggotaan Senat Akademik (SA) tingkat universitas (Agustus – September 2023);

c). Pemilihan anggota MWA (September-Oktober 2023);

d). Pengaktifan MWA (Oktober – November 2023);

e). Penyiapan Peraturan MWA: Tata Cara Penyusunan Peraturan Internal, Peraturan Pilrek, dll (November – Desember 2023) dan

f). Pemilihan Rektor (Desember 2023 – Februari 2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya