SOLOPOS.COM - Ravik Karsidi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Solo (Solopos.com) –
Daya tampung Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Swadana Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tahun ini direncanakan mencapai 1.886 mahasiswa atau sekitar 30% dari kuota mahasiswa baru UNS secara keseluruhan yaitu 5.299 orang.

Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi MS, mengungkapkan bagi peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang mengikuti tes di manapun dan tidak lolos seleksi, UNS membuka peluang khusus untuk peserta SNMPTN tersebut melalui SPMB Swadana. Yaitu program penerimaan mahasiswa baru S1 yang biaya penyelenggaraan pendidikan dilakukan secara swadana.

“Seleksi didasarkan pada skor SNMPTN jalur ujian tulis atau keterampilan tahun 2011. Pendaftaran masih dilayani hingga 14 Juli,” jelasnya saat jumpa pers di ruang sidang rektor UNS, Kamis (30/6/2011). Ravik menegaskan mereka yang mampu membayar belum tentu diterima sebagai mahasiswa UNS melalui jalur SPMB Swadana. Calon mahasiswa yang diterima bukanlah anak bodoh. UNS juga memiliki standar minimal penerimaan mahasiswa baru. “UNS tidak mau mengorbankan kualitas demi meraih banyak mahasiswa. Jadi saya tegaskan, mereka yang diterima melalui jalur Swadana, tetap anak yang pintar,” jelasnya.

Pembelajaran bersama
Mengenai Biaya Pengembangan Institusi (BPI) SPMB Swadana, ungkapnya, tidak bisa ditambah atau dikurangi. Artinya, mereka yang berani membayar lebih, belum tentu diterima. Ia mencontohkan calon mahasiswa Swadana Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran, harus membayar BPI Rp 125 juta. “Biaya yang harus dibayar, hanya sejumlah itu.”

Saat kuliah, terangnya, mahasiswa jalur Swadana akan mengikuti pembelajaran bersama mahasiswa reguler lainnya. Pilihan program studi SPMB Swadana UNS, ungkapnya, tidak harus sama dengan pilihan program studi pada SNMPTN Ujian Tulis/Keterampilan, kecuali Prodi yang mengharuskan ujian keterampilan.
Ravik juga menyampaikan karena kuota penerima beasiswa Bidik Misi belum terpenuhi, yaitu 400 mahasiswa, nantinya kuota siswa akan diberikan kepada mahasiswa UNS yang masuk melalui jalur Diploma.

Ia menerangkan dari 808 mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN Undangan, ada 198 mahasiswa yang mendaftar. Setelah diadakan verifikasi data melalui home visit, menurut UNS ada 15 pendaftar yang tidak layak menerima beasiswa Bidik Misi. Sementara dari jalur SNMPTN Tulis, ada 116 pendaftar beasiswa Bidik Misi. Pendaftar tersebut, nantinya akan diverifikasi lagi.

ewt

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya