SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Sebanyak 261 peserta bakal mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C di Kota Solo pada 15 April mendatang. Jumlah peserta tersebut berdasarkan Data Nominasi Tetap (DNT) yang diperoleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Non Formal (PNF) Disdikpora Kota Solo, Wahyu Widayati, mengatakan 261 peserta tersebut berasal dari delapan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM). Kedelapan PKBM tersebut yakni PKBM Cahaya Rezeki ada 49 peserta, PKBM Berdikari ada 12 peserta, PKBM Purwosari ada 39 peserta, PKBM Kratonan ada 31 peserta, PKBM Sinar Mentari ada 39 peserta, PKBM Ar-Ridho ada 30 peserta, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Solo ada 31 peserta, dan Kelompok Belajar (Pokjar) Anugerah ada 19 peserta.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Total ada sebanyak 261 peserta,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Rabu (20/2/2013). Pelaksanaan UNPK Paket C digelar bersamaan dengan Ujian Nasional (UN) SMA/SMK/MA pada 15 April. Pelaksanaan UNPK Paket C yang digelar bersamaan dengan UN tersebut adalah yang pertama kalinya.

“Perbedaannya, UN SMA/SMK/MA digelar pada pagi hari, UNPK Paket C digelar pada siang hari,” imbuhnya. Dengan pelaksanaan yang berbarengan tersebut peserta bisa merasa bahwa mereka benar-benar disetarakan.

Meski pelaksanaan UNPK Paket C menjadi lebih awal daripada tahun lalu, dia tetap optimis peserta memiliki persiapan yang cukup. Apalagi, peserta UNPK Paket C tahun ini juga menghadapi 20 tipe soal berbeda dalam satu ruangan.

Dia mengatakan dalam satu ruangan maksimal diisi 20 siswa. Kendati demikian, tempat pelaksanaan UNPK Paket C belum ditentukan. Pihaknya akan melakukan rapat koordinasi lagi dengan penyelenggara UN dan UNPK terkait masalah ini.
Dia berharap seluruh peserta bisa mengikuti UNPK tanpa mengalami hambatan.

Dia memastikan ijazah UNPK Paket C bisa digunakan untuk mendaftar di perguruan tinggi. Dia mengimbau PKBM sebagai penyelenggara UNPK untuk melakukan persiapan kepada peserta agar tidak ada masalah saat ujian.

Pengelola PKBM Sinar Mentari, Eko Purnomo, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan peserta jauh sebelum pelaksanaan UNPK. Dia mengaku sudah menggelar try out secara mandiri pada beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya