SOLOPOS.COM - Mahasiswa Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo mengikuti prosesi wisuda di The Sunan Hotel Solo, Selasa (3/10/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution)

Solopos.com, SOLO — Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo menggelar wisuda ke-27 Tahun Akademik 2022/2023 untuk 434 mahasiswa di The Sunan Hotel Solo, Selasa (3/10/2023).

Kegiatan itu mewisuda 210 mahasiswa D III Program Studi Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, 23 mahasiswa D III Program Studi Kebidanan, 76 mahasiswa D III Program Studi Keperawatan, 41 mahasiswa S1 Program Studi Keperawatan, serta 84 mahasiswa S1 Program Studi Farmasi.

Promosi Dukung UMKM Go Ekspor, BRI Berangkatkan UMKM Kopi Gravfarm Ikuti Expo di AS

“Saya berharap semoga lulusan pada Wisuda ke-27 Tahun Akademik 2022/2023 memiliki keahlian Profesional di bidangnya serta segera menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk bangsa Indonesia dengan partisipasi aktif dalam pembangunan sebagai pengamatan Pancasila, dan menjadi generasi yang tangguh serta dapat menjadi contoh untuk generasi penerus di kemudian hari,” ungkap Rektor Universitas Duta Bangsa Solo, Singgah Purnomo dalam sambutannya, Selasa (3/10/2023).

Singgih menambahkan Universitas Duta Bangsa sudah memasuki tahun kelima dalam proses penggabungan menjadi sebuah universitas. Menargetkan menjadi The Global Entrepreneur University pada 2038, UDB semakin percaya diri mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain di tingkat nasional.

Menurut Singgih, hal ini juga terbukti dengan semakin meningkatnya peringkat UDB di tingkat nasional. Berdasarkan peringkat di Uni Rank, peringkat UDB di tingkat nasional ada di posisi 228, sementara di tingkat LL Dikti VI berada di posisi 20, dan di Solo Raya menjadi posisi ketiga untuk peringkat Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Singgih mengaku tidak mudah membangun universitas, sehingga hasil kerja sama antara civitas academica dan berbagai pihak terkait diwujudkan dengan menambah Program Studi menjadi 17 program, mengembangkan berbagai pelayanan mahasiswa secara online, menggunakan sistem pembelajaran problem-based learning maupun project-based learning, dan mengirimkan dosen untuk kuliah dokter di dalam maupun di luar negeri.

Langkah berikutnya adalah mendatangkan berbagai pakar dari dalam dan luar negeri, meningkatkan kualitas kerjasama dengan dunia industri, menerima mahasiswa asing, meningkatkan akreditasi program studi, membangun kampus pusat yang modern di Kelurahan Nusukan sekaligus menjadi pusat pelayanan universitas, membangun teaching factory, dan membangun Hotel Kampus di Kelurahan Sondakan, Laweyan.

Dia menambahkan UDB juga terus menambah berbagai fasilitas di setiap kampus, antara lain ruangan kelas, laboratorium, perpustakaan, masjid kampus, lahan parkir, lapangan olahraga, dan lain sebagainya.

Singgih menjelaskan Fakultas Ilmu Kesehatan UDB sudah menunjukkan kualitas pengelolaan yang baik sekali, terbukti dengan diperolehnya nilai Akreditasi A untuk D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, nilai Akreditasi Baik Sekali untuk S1 Administrasi Rumah Sakit, D3 Keperawatan dan S1 Keperawatan, sedangkan sedangkan Program Studi lainnya seperti D3 Kebidanan dan D3 Keperawatan mempunyai akreditasi B, S1 Farmasi mempunyai akreditasi baik. Serta di tahun depan, semua Prodi ditargetkan untuk mendapatkan akreditasi Baik Sekali dan memiliki Prodi profesi Apoteker.

Dalam rangka implementasi Merdeka Belajar maka Universitas Duta Bangsa Solo telah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar dalam bentuk Pertukaran Mahasisswa, KKN Tematik, Magang Industri, Magang Wirausaha maupun Magang Penelitian sebagaimana arahan Menteri Pendidikan dalam rangka meningkatkan kompetensi Mahasiswa untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Pada Tahun Akademik 2022/2023, Fakultas Kesehatan Universitas Duta Bangsa telah mendapatkan hibah Penelitian dari Kemenristekdikti senilai Rp63.454.000.

Selanjutnya sampai dengan Agustus 2022, terdapat 27 artikel Dosen yang telah dipublikasikan di jurnal terakreditasi SINTA, 33 artikel Dosen dipublikasikan di jurnal internasional, 42 artikel dipublikasikan Nasional Ber-ISSN/ISBN, dan 1 artikel dipublikasikan terindeks scopus. Dan terakhir terdapat 13 karya dosen dan mahasiswa yang telah mendaftarkan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Sedangkan untuk hibah Pengabdian Kepada Masyarakat dari Kemenristekdikti sebesar Rp 268.717.000 dengan jumlah 4 judul Pengabdian Kepada Masyarakat dan untuk Pendanaan Internal sebesar Rp 45.000.000 dengan jumlah 18 judul Pengabian Kepada Masyarakat.

Capaian kinerja pengabdian kepada masyarakat di Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat dari jumlah judulnya lebih banyak berasal dari internal akan tetapi menurut Singgih, dilihat dari jumlah pendanaan masih lebih besar yang berasal dari pihak eksternal.

Dalam bidang kerja sama telah bekerja sama denngan 199 lembaga yang telah terimplementasi untuk praktik kerja lapangan, penelitian, pengabdian, magang dan penempatan kerja.

Sedangkan dalam implementasi kerja sama internasional, Universitas Duta Bangsa telah melaksanakan kerja sama dengan 22 perguruan tinggi antara lain Huachiew Chalermparkiet University, University Sains Malaysia, Chia Nian University Taiwan, Universiti Kuala Lumpur, Prince of Songkla University, Nilai University Malaysia, Cheng Shiu University.

Kemudian, University Malaysia Sabah, National University Cambodia, Rajamanggala University of Technology Krungthep, Ramon Llull University, Glasgow Caledonian University, National Taipei University of Nursing and Healthy Science, Universiti Teknologi Mara, Jindal Global University, University of Limpopo, Nanyang Business School, dan Fathoni University Thailand.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya