SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com) – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional (PSNMHI) se Indonesia ke-23 yang dijadwalkan berlangsung Senin – Kamis (9-12/5).

Ketua Panitia PSNMHI ke-23 di Unisri, M Endry Saputra, menjelaskan pertemuan mahasiswa HI merupakan forum ilmiah yang digelar rutin setiap tahun. Kegiatan PSNMHI melibatkan 23 universitas negeri dan swasta pemilik program studi (Prodi) atau jurusan Ilmu HI di Indonesia.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

“Ada dua kegiatan rutin tahunan di Forum Komunikasi Mahasiswa HI se Indonesia sebagai wadah komunikasi dan koordinasi mahasiswa jurusan HI. Tahun ini Unisri jadi tuan rumah satu dari dua agenda itu, yaitu PSNMHI,” ujarnya, Jumat (6/5) pagi. Endry menyebutkan agenda rutin lain yang juga digelar Forum Komunikasi Mahasiswa HI se Indonesia setiap tahun adalah Pertemuan Nasional Mahasiswa HI (PNMHI). Perbedaan dua kegiatan itu adalah joint statement forum sebagai forum pernyataan sikap mahasiwa HI.

Dikemukakan pula, beberapa agenda yang dijadwalkan dalam PSNMHI ke-23 di Unisri Solo adalah diskusi satu hari bersama Kantor Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) serta workshop Tata Laksana Hubungan Luar Negeri oleh Pemerintah Daerah (Pemda), bekerjasama dengan Direktorat Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Terkait perserta kegiatan, Endry menyebutkan ada 23 perguruan tinggi penyelenggara Prodi atau jurusan HI. Di antaranya adalah Universitas Riau (Unri), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Brawijaya (Unibra) Malang, Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, serta Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Sementara itu Kepala Bagian Humas dan Promosi Unisri Solo, C Ikka Sri Litnaniyah, menyebutkan sejak didirikan tahun 2008 lalu, Prodi HI Unisri telah aktif dalam berbagai kegiatan di bidang ke-HI-an untuk pengembangan jurusan itu ke depan. Salah satunya seperti melalui Forum Komunikasi Mahasiswa HI se Indonesia.

try

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya