SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang (Espos)–Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menerbitkan buku Survei Konsumen Gizi Indonesia yang mengkupas tentang hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan konsumsi gizi di Indonesia.

Kepala Humas Undip Agus Naryoso menyatakan buku tersebut ditulis dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip asal Solo, Laksmi Widajanti.  “Buku yang membahas secara detail kegunaan survei konsumen gizi ini telah diluncurkan secara resmi ke pasar,” katanya di Semarang, Selasa (1/2).

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Buku ini juga memberikan rekomendasi, dalam situasi tertentu makanan seseorang atau sekelompok masyarakat membutuhkan tambahan zat gizi guna memenuhi kecukupan gizi sehari-hari yang tidak dapat dicukupi hanya dari makanan harian saja.

Menurut Laksmi Widajanti survei konsumen gizi berguna untuk mengetahui apakah seseorang atau kelompok masyarakat telah cukup dalam jumlah, variasi, dan frekuensi makanan yang dikonsumsinya sesuai dengan umur, jenis kelamin, berat badan, dan aktivitas.

Pasalnya sambung dosen kelahiran Solo 13 Agustus 1966 ini, seseorang yang cukup gizi akan jarang mengalami gangguan proses metabolisme energi dan zat gizi, serta jarang menderita penyakit infeksi dan penyakit yang degeneratif lainnya.

“Sebaliknya seseorang yang tak cukup mengkonsumsi zat gizi dalam waktu minimal tiga bulan akan mengalami kekurangan energi protein, anemia gizi besi, gangguan akibat kekuarangan iodium, maupun kekurangan zat gizi makro maupun mikro lainnya,” ujar dia.

Laksmi sebelumnya pernah mendapatkan penghargaan sebagai penyaji terbaik III pada Simposium Nasional ke- 6 Penelitian dan Pengembangan Kesehatan yang diadakan Badan Penelitian  dan pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

oto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya